Dark/Light Mode

Deklarasi Prabowo Nunggu Jokowi Pulang

Jumat, 20 Oktober 2023 07:50 WIB
(Foto: Antara)
(Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming dan Menteri BUMN, Erick Thohir jadi kandidat terkuat Cawapres yang akan mendampingi Prabowo Subianto. Kedua nama tersebut paling santer disebut di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo. Lantas siapa yang akhirnya akan dipilih Prabowo? Melihat kedekatan 2 nama itu dengan Jokowi, ada kemungkinan deklarasi Cawapres akan dilakukan Prabowo Cs setelah Presiden Jokowi pulang dari luar negeri.

Hingga kemarin (19/10/2023), Prabowo masih berstatus jomblo. Padahal di hari yang sama, dua pesaingnya: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah resmi daftar ke KPU sebagai bakal pasangan Capres-Cawapres di 2024.

Baca juga : Kembali Digelar Besok, PKN Usung Metode Perlumbungan

Aktifitas di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta, juga masih berjalan normal. Elite dari parpol koalisi masih silih berganti datang dan menggelar pertemuan. Namun, pembahasan Cawapres di internal KIM belum final.

Kamis (19/10/2023) malam, Prabowo masih menerima dukungan dari relawan pendukungnya. Relawan yang menamakan diri Jagat Prabowo itu, ditemui langsung Prabowo, di kediamannya, di Kertanegara, Jakarta.

Baca juga : Belum Temukan Pasangan, Prabowo Menanti Sinyal Dari Jokowi

Dalam sambutannya, Prabowo menyampaikan terima kasih atas dukungan dari relawan yang dimobilisasi politisi Golkar, Nusron Wahid. Tanpa menyinggung nama Cawapres, Prabowo hanya menjanjikan siap melanjutkan kepemimpinan Jokowi bila terpilih sebagai Presiden RI ke-8.

Padahal, dalam 2 hari ini, bursa Cawapres Prabowo dikabarkan sudah mengerucut pada 2 nama, yakni Gibran dan Erick. Bahkan, Erick yang saat ini masih menemani Jokowi dalam tugas di luar negeri, sudah mengurus persyaratan pendaftaran Cawapres berupa pembuatan SKCK dan surat keterangan tidak dipidana.

Baca juga : Hari Kedua Di China, Jokowi Bertemu Xi Jinping

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin tidak mau berspekulasi soal Cawapres yang akan dipilih Prabowo. Kata dia, pihaknya masih menunggu Jokowi pulang dari luar negeri.

“Tunggu, paling tidak Sabtu (21/10/2023) ini, begitu ya. Kita tahu Pak Jokowi masih di luar negeri, kita lihat saja nanti perkembangannya,” kata Nurul, di Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.