Dark/Light Mode

Diumumkan Di Kertanegara

Prabowo-Gibran Akhirnya Berjodoh

Senin, 23 Oktober 2023 08:39 WIB
Prabowo Subianto (kanan) bersama Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Tim Media Prabowo)
Prabowo Subianto (kanan) bersama Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Tim Media Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga hari menjelang penutupan pendaftaran Capres-Cawapres, akhirnya Prabowo Subianto menemukan jodohnya. Sosok yang dipilih Ketum Gerindra itu, jatuh ke politisi muda yang baru berumur 36 tahun. Dia adalah Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo selama hampir 3 tahun ini.

Penetapan Gibran sebagai Cawapres diumumkan langsung oleh Prabowo, di kediamannya, di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023) malam.

Prabowo sudah tiba di rumahnya pada pukul 4 sore. Menteri Pertahanan itu, baru saja pulang dari Surabaya, Jawa Timur, mendampingi Jokowi hadiri apel Hari Santri.

Tepat pukul 7 malam, para petinggi parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo, mulai berdatangan ke rumah Prabowo. Mobil yang mengangkut bos parpol wara-wiri, membuat arus lalu lintas di Jalan Kertanegara, sedikit tersendat. Tiba lebih dulu di lokasi adalah Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang didampingi Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. 

Sepuluh menit berselang, Ketum Gelora Anis Matta datang didampingi Waketum Gelora Fahri Hamzah. Setelah itu, datang Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra. Disusul Ketum PAN Zulkifli Hasan yang didampingi Waketum PAN Yandri Susanto dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Semua bergegas masuk. Namun, Gibran tak terlihat di lokasi.

Sekitar pukul 7.45 malam, Prabowo keluar dari pintu rumah, diikuti para ketum parpol KIM. Kepada para wartawan, Prabowo mengatakan, seluruh parpol KIM sepakat mengusung Gibran sebagai Cawapres. Kata dia, keputusan ini diambil usai petinggi KIM melaksanakan rapat. Rapat tersebut digelar dalam tempo yang singkat dengan suara bulat.

Baca juga : Hensat: Jika Prabowo-Gibran Deklarasi, Sikap Demokrat Menarik Diperhatikan

"Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029, dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju. Saya kira, itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan, acara malam tersebut juga sebagai deklarasi duet Prabowo-Gibran. Rencananya, dirinya dan Gibran akan mendaftar sebagai Capres-Cawapres ke KPU, Rabu (25/10/2023). "Kita siap maju untuk Indonesia maju," kata Prabowo, mengakhiri pidato singkatnya.

Zulkifli Hasan menambahkan, duet Prabowo-Gibran akan mendaftar ke KPU pada pukul 10 pagi. Terkait ketidakhadiran Gibran saat pengumuman tersebut, Zulkifli tak memberi penjelasan.

Selama ini, Prabowo memang berusaha untuk menggaet Gibran. Sebelum ramai mengenai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia minimum Capres-Cawapres, Prabowo sudah “pedekate” dengan Gibran. Keduanya beberapa kali melakukan pertemuan yang begitu akrab.

Kabar Gibran menjadi Cawapres menguat setelah MK mengeluarkan putusan usia di bawah 40 tahun boleh ikut Pilpres asal pernah menjabat atau sedang menjabat sebagai kepala daerah, Senin (16/10/2023). Sabtu (21/10/2023) Golkar secara resmi mengusung Gibran sebagai Cawapres. Bersamaan dengan itu, Gibran mendatangi sejumlah ketua umum parpol KIM.

Jokowi juga sudah memberikan memberikan komentar atas pencawapresan Gibran ini. "Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui. Karena sudah dewasa, jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," kata Jokowi, usai menghadiri apel Hari Santri 2023 di Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Baca juga : Idris Laena: Bukti Golkar Partai Negawaran

Namun, Jokowi tidak mau berkomentar banyak. Dia bilang, pertanyaan terkait pencalonan Gibran sebagai Cawapres lebih tepat ditanyakan ke partai politik.

"Tanyakan, tanyakan ke partai politik. Itu wilayahnya partai politik atau koalisi partai politik, atau gabungan partai politik, bukan urusan presiden," kata Jokowi.

Ibu Iriana juga tampak setuju putra sulungnya menjadi Cawapres Prabowo. Saat ditanya mengenai hal ini oleh wartawan, Iriana memberikan acungan jempol dan melempar senyum.

Gibran Terus Sowan

Sebelum namanya resmi diumumkan menjadi Cawapres Prabowo, Gibran menemui Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023) pagi.

Gibran tiba di lokasi pukul 08.22 WIB dengan menggunakan mobil Innova hitam. Turun dari mobil, langsung disambut AHY dan kemudian bersalaman.

Terlihat ada perbincangan sedikit di antara keduanya, hingga langsung masuk ke dalam rumah.

Baca juga : Didukung Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Terima Kasih Ke Golkar

Pukul 09.26 WIB, Gibran dan AHY keluar dari rumah. Sambil berjalan, Gibran melambaikan tangan kepada para wartawan yang menungguinya.

Gibran dan AHY berjalan menghampiri wartawan di luar gerbang. Keduanya berdiri bersandingan  kemudian saling berjabat tangan.

Gibran enggan membeberkan isi pertemuan dengan AHY. Dia langsung masuk ke mobil dan pergi dari kediaman AHY.

Sementara itu, DPP PDIP belum merespons mengenai deklarasi duet Prabowo-Gibran. Yang baru bicara Ketua DPC Solo FX Hadi Rudyatmo. Dia mengatakan, Gibran otomatis keluar dari PDIP setelah deklarasi tersebut. 

"Setelah deklarasi, sekarang otomatis to (keluar) kalau sudah dari partai A ke partai B, sekarang sudah anggota partai B. KTA tergantung beliau sendiri," ujar Rudy, di kediamannya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (23/10), dengan judul “Diumumkan di Kertanegara, Prabowo-Gibran Akhirnya Berjodoh”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.