Dark/Light Mode

Keyakinan Din Syamsuddin

Warga Muhammadiyah Bakal Dukung AMIN

Jumat, 27 Oktober 2023 07:40 WIB
Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin (kedua kanan), Presiden PKS Ahmad Syaikhu (ketiga kiri), dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (kedua kiri) bersama pengurus PKS lainnya, saat menggelar pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin (kedua kanan), Presiden PKS Ahmad Syaikhu (ketiga kiri), dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (kedua kiri) bersama pengurus PKS lainnya, saat menggelar pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Din mengungkapkan, Indonesia memerlukan pemimpin yang visioner yang menerjemahkan nilai-nilai dasar kebangsaan yang ada pada pembukaan UUD 1945. Ia pun yakin, pasangan AMIN memiliki keunggulan pada karakter yang sesuai dengan gagasan Trisakti Bung Karno. Yaitu berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian secara budaya.

Selain itu, Din menilai AMIN memiliki kemampuan visioner dalam melihat masa depan Indonesia yang cemerlang. Pasangan yang diusung oleh Koalisi Perubahan; NasDem-PKB-PKS itu, yakni Partai Nasdem, PKS, dan PKB itu, punya visi tentang Indonesia masa depan dan punya pengetahuan luas tentang masalah-masalah global.

“Ini jangan main-main buat rakyat Indonesia. Karena Indonesia yang besar ini berada di pusaran pertumbuhan global dengan pergeseran geopolitik, geo strategis, geo ekonomi politik global,” jelasnya.

Baca juga : Din Yakin, Warga Muhammadiyah Dukung Anies-Imin Di Pilpres 2024

Sementara itu, Ahmad Syaikhu menyambut baik kehadiran Din Syamsuddin dan perwakilan Ormas Islam yang datang. Menurut dia, kehadiran Din menambah semangat dan optimis untuk kemenangan PKS dan Pilpres.

Kata dia, pertemuan dengan Din dan perwakilan Ormas Islam sepakat untuk menjunjung politik yang beretika dan bermartabat. Syaikhu menegaskan siap berkolaborasi dengan berbagai elemen tokoh bangsa demi meraih kemenangan dalam Pemilu mendatang.

“Tentu ini bukan kerja-kerja kecil ini merupakan kerja-kerja besar yang tidak hanya cukup dengan PKS sendiri tapi kerja kolektif kerja bersama saling support satu sama lain mudah-mudahan menuju pada kemenangan pada pemilu nanti,” pungkasnya.

Baca juga : Din Syamsuddin Sambangi Kantor DPP PKS, Bakal Jadi Ketua Timses AMIN?

Pendiri lembaga survei Kedai KOPI Hendri Satrio mengatakan, peta politik warga Muhammadiyah ini memang menarik. Karena dalam politik, warga Muhammadiyah ini terafiliasi dengan PAN. Sementara PAN adalah pendukung pasangan Prabowo-Gibran.

Namun dari hasil survei yang dilakukan Kedai KOPI, diketahui pilihan Pilpres warga Muhammadiyah berbeda dengan Pileg. Di Pileg pilihannya adalah PAN, tapi di Pilpres banyak yang memilih ke Anies-Cak Imin.

“Sejauh ini pilihan warga Muhammadiyah itu memang terbagi dua. Ada yang ke Ganjar, tapi tidak sebanyak ke Anies-Muhaimin dan Prabowo Gibran,” kata Hendri, saat dikontak Rakyat Merdeka.

Baca juga : Warga Madura Total Dukung Ganjar-Mahfud

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 27/10/2023 dengan judul Keyakinan Din Syamsuddin, Warga Muhammadiyah Bakal Dukung AMIN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.