Dark/Light Mode

Unggul Di Survei Capres-Cawapres

Ganjar-Mahfud Pilihan Rakyat

Rabu, 8 November 2023 08:10 WIB
Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Foto: Antara)
Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo-Mahfud MD dianggap sebagai duet pilihan mayoritas rakyat di Pilpres 2024. Hal ini tercermin dari hasil terbaru yang dirilis Charta Politika. Dalam survei itu, Ganjar-Mahfud yang didukung PDIP, PPP, Hanura dan Perindo, meraih dukungan 36,8 persen. Sementara duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memperoleh 34,7 persen. Lalu duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 24,3 persen.

Survei Charta Politika digelar pada 26-31 Oktober 2023, atau setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan uji materi terkait batas usia minimal menjadi Capres-Cawapres yang putusannya dibacakan pada Senin, 16 Oktober 2023.

Baca juga : Elektabilitas Ganjar-Mahfud Tertinggi, Prabowo-Gibran Membayangi

Survei dilakukan dengan mewawancarai secara tatap muka 2.400 responden yang dipilih secara acak atau multistage random sampling di 38 provinsi. Margin of error survei plus minus 2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, dalam simulasi tiga nama capres, Ganjar keluar sebagai pemenang dengan elektabilitas 36,9 persen. Lalu, diikuti Prabowo 35,3 persen dan Anies 24,3 persen. Sementara pemilih yang belum menentukan pilihan 3,5 persen.

Baca juga : Ratusan WNI Di Amerika Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Jadi Presiden

Pria yang akrab disapa Toto ini menjelaskan, angka tersebut tidak banyak berubah dengan hasil survei terakhir yang dilakukan pada 13-17 Oktober 2023. Pada survei tersebut, elektabilitas Ganjar sebesar 36,3 persen. Elektabilitas Prabowo, juga mengalami kenaikan meskipun tak signifikan yaitu 35,2 persen.

Selain mengukur elektabilitas capres, Charta juga melakukan survei pasangan capres-cawapres. Hasilnya, Ganjar-Mahfud berada di urutan pertama dengan mendapat dukungan 36,8 persen. Sementara Prabowo-Gibran memperoleh 34,7 persen, dan pasangan Anies-Muhaimin memperoleh 24,3 persen. Sisanya, 4,3 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.