Dark/Light Mode

Dapil Jabar VIII

Ada 2 Eks Menteri, Herman Maju Tak Gentar

Rabu, 15 November 2023 07:50 WIB
Dapil Jabar VIII Ada 2 Eks Menteri, Herman Maju Tak Gentar

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua mantan menteri di era Presiden berbeda ikut meramaikan perebutan kursi DPR pada Dapil Jawa Barat (Jabar) VIII. Kedua menteri itu, akan jadi penantang 8 dari 9 Caleg petahana yang kembali turun di dapil tersebut.

Pada Pemilu 2019, PDIP dan Golkar berhasil meraih 2 kursi DPR. Sedangkan 5 kursi DPR yang tersisa terbagi rata pada 5 parpol di Senayan.

Baca juga : Temu Nasional BEM Nusantara XIV dan Ekspedisi Kebhinekaan Sukses Digelar

PDIP meraih 2 kursi DPR lewat Ono Surono dan Selly Andriany. Namun, di Pemilu 2024, PDIP hanya mengusung Selly dengan status Caleg incumbent. Sedangkan Ono Surono memutuskan turun pangkat dengan maju sebagai Caleg DPRD Jawa Barat.

Untuk mempertahankan kursi DPR sepeninggal Oni, PDIP kemudian memang eks Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri. Pejabat yang pernah dipenjara karena kasus korupsi ini, kini dipasang PDIP dengan nomor urut 1.

Baca juga : Ada Dua Mantan Bupati, Ada Banyak Petinggi Partai Dan Petahana, Rieke Senang

Partai Golkar berhasil menyabet 2 kursi DPR lewat Dave Akbarshah atau Dave Laksono dan Bambang Hermanto. Kedua anggota DPR terpilih itu kembali diusung Golkar untuk Pemilu 2024. Dave di nomor urut 1, sedangkan Bambang di nomor urut 5.

Sementara untuk meningkatkan kembali perolehan di dapil tersebut, Golkar ikut menerjunkan mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddi Chrisnandi. Sebelum menjadi menteri Yuddi pernah menjadi anggota DPR.

Baca juga : 2 Kursi PKS Siapa Bisa Goyang

Formasi PKB di dapil tersebut sedikit mengalami perubahan. Dedi Wahidi yang berstatus sebagai Caleg incumbent, dipasang PKB pada nomor urut 4. Sedangkan nomor urut 1, partai besutan Muhaimin Iskandar itu mempercayakan pada Caleg muda yang juga aktivis NU, Makky Zamzami.

Partai NasDem yang berhasil meraih 1 kursi DPR atas nama Satori, tidak banyak mengalami perubahan. Satori kembali dipasang NasDem di nomor urut 1. Namun, untuk menggandakan kemenangan, NasDem memasang eks Sekjen DPR Nining Indra Saleh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.