Dark/Light Mode

Soal Dugaan Aparat Tidak Netral

Gibran: Buktikan, Laporkan!

Sabtu, 18 November 2023 07:50 WIB
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra sulung Presiden Jokowi yang kini menjadi Cawapres, Gibran Rakabuming Raka menanggapi tuduhan berbagai pihak soal aparat yang tidak netral. Wali Kota Solo itu mengatakan, kalau memang ada aparat yang tidak netral, buktikan dan laporkan saja.

Hal tersebut disampaikan Gibran menanggapi tuduhan dari Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Wit­jaksono soal isu ada oknum Polisi yang mengarahkan pemenangan pasangan tertentu. "Ya dibuktikan saja. Kalau ada bukti, dilaporkan," kata Gibran, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/11/2023).

Baca juga : Tudingan Polisi Tidak Netral Bisa Ganggu Pemilu 2024

Suami Selvi Ananda ini juga me­minta melaporkan jika ada aparat penegak terbukti membantu mema­sang baliho pasangan capres-cawapres tertentu. "Ya kalau ada bukti silakan dilaporkan ya," ujarnya.

Menurut Gibran, saat ini banyak isu-isu yang menyerang terkait ne­tralitas ASN maupun aparat penegak hukum. Baru-baru ini misalnya, ada rekaman PNS di Boyolali yang mendapat arahan untuk memenang­kan paslon tertentu. "Monggo kalau ada bukti dilaporkan," ungkap Gibran.

Baca juga : Ada Dua Mantan Bupati, Ada Banyak Petinggi Partai Dan Petahana, Rieke Senang

Capres Ganjar Pranowo percaya TNI dan Polri akan menjaga netralitas selama perhelatan Pemilu 2024. "Saya orang yang percaya aparat bisa netral, kepolisian bisa netral, karena pengala­man-pengalaman itu sudah ditunjukkan. Saya kira petinggi TNI, Polri juga sudah menyampaikan itu," kata Ganjar.

Eks Gubernur Jawa Tengah itu juga sempat membahas soal dirinya yang juga merupakan anak polisi. "Apa­lagi saya anak polisi, jadi kita tahu," lanjutnya.

Baca juga : Bos Bawaslu Malah Tanyakan 2 Alat Bukti

Jelang Pemilu, netralitas TNI dan Polri sedang menjadi sorotan. Terma­suk di kalangan legislator.

Ketua Komisi III DPR, Bambang Pacul Wuryanto mengapresiasi, ke­siapan Polri menjaga keamanan dan menjamin kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024. Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan itu berharap Pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, ju­jur, dan adil (luber jurdil).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.