Dark/Light Mode

Soal Dugaan Aparat Tidak Netral

Gibran: Buktikan, Laporkan!

Sabtu, 18 November 2023 07:50 WIB
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
"Kami juga mendesak Polri un­tuk menjunjung tinggi netralitas dan menjaga integritas Polri dalam menghadapi pemilu, dan memberi­kan sanksi tegas Anggota Polri yang melibatkan diri dalam politik prak­tis,” kata Bambang Pacul, di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Anggota Komisi III DPR dari NasDem, Taufik Basari mengatakan, daripada membentuk Panitia Kerja (Panja) Netralitas Polri, lebih tepat kalau DPR membentuk Panja Penga­wasan Pemilu yang ruang lingkupnya lebih luas. Dia melanjutkan, yang harus diawasi adalah profesionalitas Polri dalam menjaga tugasnya yang di dalamnya juga menyangkut netralitas.

Baca juga : Tudingan Polisi Tidak Netral Bisa Ganggu Pemilu 2024

“Kapolri sudah menginstruksikan supaya Polri netral dalam pemilu. Berarti yang harus dikawal adalah bagaimana Polri menjalankan in­struksi tersebut,” kata Tobas.

Seruan agar aparat bersikap netral dalam Pemilu, ramai disuarakan warganet. Pemilik akun @alshadbert berharap semua pihak mengawasi pe­milu agar berlangsung jurdil. "Aparat, jangan biarkan politik mengganggu netralitas kalian," ujarnya.

Baca juga : Ada Dua Mantan Bupati, Ada Banyak Petinggi Partai Dan Petahana, Rieke Senang

Akun @ahadubentha berharap semua pihak hati-hati kalau bicara, apalagi dengan nada tuduhan. "Kalau itu fakta harus sertakan bukti, kalau cuma bicara fakta tanpa bukti jadinya fitnah," ujarnya. Akun @natamalfian mengatakan, aparat yang netral adalah harapan semua warga. "Jangan sampai aparat dan wasit pemilu tidak netral apalagi jadi pemain," ujar @potretdesa.

"Wujudkan pemilu yang adil dan netral," ujar @lanakarana.

Baca juga : Bos Bawaslu Malah Tanyakan 2 Alat Bukti

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 18/11/2023 dengan judul Soal Dugaan Aparat Tidak Netral, Gibran: Buktikan, Laporkan!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.