Dark/Light Mode

Dapil Jateng II

Calegnya Bukan Kaleng-kaleng, Ada Kiai, Eks Tentara, Pengusaha

Senin, 20 November 2023 08:10 WIB
Dapil Jateng II Calegnya Bukan Kaleng-kaleng, Ada Kiai, Eks Tentara, Pengusaha

RM.id  Rakyat Merdeka - Dapil Jawa Tengah II bakal menjadi pembuktian kesaktian 7 caleg incumbent dalam mempertahankan kursinya. Karena di Pemilu 2024, para petahana akan ditantang caleg-caleg baru yang bukan kaleng-kaleng. Beberapa di antaranya berasal dari elite parpol, mantan gubernur Akademi Militer, pimpinan pondok pesantren, hingga pengusaha yang pernah dapat rekor Muri.

Pada Pemilu 2009, PDIP menjadi jawara dengan meraih 2 dari 7 kursi DPR di dapil Jateng II. Kedua kursinya diraih Gilang Dhiela Fararez dan Musthofa. Kedua nama itu tetap menjadi andalan PDIP untuk mempertahankan jumlah kursi DPR di Pemilu 2024.

Baca juga : Kesaktian Banteng Diuji Manuver Gibran

Sementara, lima kursi DPR terpecah kepada 5 parpol. Yakni, Fathan dari PKB, Abdul Wachid dari Partai Gerindra, Nusron Wahid dari Partai Golkar, Rojih dari PPP, dan Lestari Moerdijat dari Partai Nasdem.

Ketujuh caleg petahana itu bakal mendapat yang cukup berat di dapil yang meliputi Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Kudus. Dari PKB misalnya, memasang Hindun Anisah yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari di Bangsri, Jepara.

Baca juga : Ada Dua Mantan Bupati, Ada Banyak Petinggi Partai Dan Petahana, Rieke Senang

Gerindra yang sebelumnya cuma mendapat 1 kursi, coba mendongkrak perolehan suara dengan menurunkan Sudarto. Dia adalah elite Gerindra yang saat ini menjabat Ketua DPP Gerindra Bidang Kesra.

PDIP yang sebelumnya sudah berhasil menyabet 2 kursi, masih berupaya untuk menambah pundi-pundi suaranya. Selain 2 incumbent, Banteng memasang Kepala Badan Diklat DPP PDIP Daryatmo Mardiyanto sebagai salah satu pendulang suara.

Baca juga : Gagal Masuk DCT, Caleg Bisa Ajukan Sengketa Ke Bawaslu

Begitu juga dengan PPP yang menaruh Jadug Trimulyo Ainul mantan komisaris PT Sari Kreasi Boga (Tbk). Jadug diketahui sempat dianugerahi oleh Muri sebagai komisaris termuda.

Sementara PKS, mencoba peruntungan dengan memasang Anggota Dewan Pakarnya Solichul Huda. PAN juga berupaya mencuri kursi di dapil ini dengan Wakil Ketua DPP PAN, Nasrullah. Sedangkan Partai Demokrat memajukan anggota DPRD Provinsi Jateng Helmy Turmudhi dan mantan gubernur Akmil Hartomo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.