Dark/Light Mode

Ribut-ribut Soal Ijazah Gibran

KPU Pastikan MS, Dikti Pastikan Asli

Rabu, 22 November 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu Idham Holik. (Foto: Antara)
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu Idham Holik. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti Kemendikbudristek) Prof Nizam mengatakan, Gibran Rakabuming Raka sudah melaku­kan penyetaraan ijazah luar negeri di Kemendikbudristek.

Nizam menjelaskan, Gibran memi­liki ijazah yang asli dari University of Bradford, Singapura. Dalam ijazah luar negeri itu, Gibran lulus dengan gelar Bachelor of Science (BSc), bidang studi marketing pada 13 November 2010.

“Gibran melakukan penyetaraan ijazah di dalam negeri 9 tahun setelah lulus. Penyetaraan ijazah luar negeri dilakukan di Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan,” ujar Nizam dalam ket­erangannya, Selasa (21/11/2023).

Baca juga : OJK Minta Industri Keuangan dan Perbankan Mitigasi Kejahatan Siber

Nizam menjelaskan, tim verifika­tor memeriksa data dan atau dokumen yang dilampirkan pengusul. Setelah disetujui oleh tim penilai, akan dikelur­kan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Untuk kasus Gibran, jelas Nizam, telah dikeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang hasil penilaian kesetaraan ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri. SK tersebut ditandatangani Paristiyanti Nurwardani pada 8 Agustus 2019 dengan nomor SK 2296/Belmawa/Kep/IJLN/2019.

“Dalam SK tersebut, ijazah atas nama Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford telah disetarakan dengan Sarjana. Dari penyetaraan itu, Mas Gibran sarjana dari Singapura,” jelas Nizam.

Baca juga : Sambut Piala Dunia U-17, PLN Pastikan Kelistrikan Andal

Terpisah, Gibran Rakabuming juga telah menunjukkan ijazah aslinya di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (20/11/2023). Dia membawa dua dokumen dan diperlihatkan kepada wartawan.

Dokumen itu adalah surat keterangan dari Dikti Kemendikbudristek. Surat itu berisi “Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri atas Nama Gibran Rakabuming Raka”.

Dalam surat keterangan itu, Gibran mendapatkan gelar Bachelor of Science (BSc) dalam bidang studi marketing.

Baca juga : Beban Firli Makin Berat

Kemudian, dokumen kedua ada­lah ijazah Gibran yang diperoleh dari Universitas Bradford. Ijazah dikeluarkan pada 13 November 2010.

“Biar cepat selesai. Iya kan ijazahnya kalau palsu harusnya dipermasalahkan dari awal waktu pendaftaran ya,” kata Gibran.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 22/11/2023 dengan judul Ribut-ribut Soal Ijazah Gibran, KPU Pastikan MS, Dikti Pastikan Asli

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.