Dark/Light Mode

Belum Tentukan Pilihan

Pemilih Muda Mau Lihat Debat Capres-Cawapres Dulu

Jumat, 24 November 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat August Mellaz. (Foto: Antara)
Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat August Mellaz. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebaiknya para pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) tidak melewatkan forum-forum debat yang diselenggarakan lembaga-lembaga kredibel. Sebab, para pemilih muda ingin menikmati adu gagasan itu sebelum menentukan pilihan.

“Banyak pemilih muda yang akan menentukan pilihan saat sesi debat pasangan capres-cawapres yang digelar saat masa kampanye,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat August Mellaz da­lam keterangannya, Kamis (23/11/2023).

Diketahui, jumlah generasi milenial dan generasi Z atau pemilih muda men­dominasi pada Pemilu 2024. Gen Z ada­lah mereka yang lahir tahun 1997-2012 dan Gen Y atau milenial adalah mereka yang lahir pada 1981-1996.

Baca juga : Dukungan Perangkat Desa Ke Capres-Cawapres Berpotensi Pada Pelanggaran Pemilu

Mellaz membeberkan, dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, seban­yak 53 persen merupakan pemilih muda.

Kata dia, berdasarkan data survei, pemi­lih Gen Z dan milenial, akan menjadikan momentum debat capres-cawapres sebagai penentu akhir untuk memilih capres-cawapres.

“Karena itu KPU sebagai penyeleng­gara akan mengemas debat menjadi lebih baik. Saat ini, kami sedang menyusun persiapan penyelenggaraan debat capres-cawapres,” katanya.

Baca juga : Mahasiswa Binjai Dorong Pencabutan Putusan MK Soal Batas Usia Capres-Cawapres

“Nanti lima kali debat capres-cawapres sampai akhir 2023, dua kali. Kemudian di awal tahun 2024 sampai nanti jelang akhir masa kampanye itu tiga kali,” sambung Mellaz.

Hanya saja, Mellaz belum bisa memas­tikan kapan waktu yang pas acara debat capres-cawapres akan diselenggarakan. Dia hanya memperkirakan debat akan dimulai pertengahan Desember 2023.

“Nanti diselang-seling, capres-cawapres dengan tema yang berbeda-beda. Misalnya, Desember ada dua kegiatan,” jelas Mellaz.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.