Dark/Light Mode

Belum Tentukan Pilihan

Pemilih Muda Mau Lihat Debat Capres-Cawapres Dulu

Jumat, 24 November 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat August Mellaz. (Foto: Antara)
Komisioner KPU Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat August Mellaz. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Mengenai lokasi debat, kata Mellaz, yang pasti KPU akan menggelar acara debat yang pertama di Jakarta. Selanjutnya, debat diperkirakan akan dihelat di luar Jakarta. “Biar diputar mulai dari ujung Indonesia, Barat, Tengah, seperti itu,” jelas dia.

Selain itu, Mellaz menilai pemilih muda menjadi bagian strategis dalam Pemilu 2024. Namun, dinamika politik dalam sejarah politik yang memecah belah, membuat pandangan mereka cend­erung antipati terhadap pemilu.

“Sekian periode dari pemilu selama ini diwarnai banyak dinamika yang bisa dibilang cukup membuat pesimistis masa depan Indonesia,” sebut Mellaz.

Baca juga : Dukungan Perangkat Desa Ke Capres-Cawapres Berpotensi Pada Pelanggaran Pemilu

Dia mengaku lebih optimistis pada Pemilu 2024. Dia juga berkeyakinan tidak akan ada polarisasi karena anak muda sudah terbiasa dengan perbedaan.

“Kalau lihat circle pertemanan atau cir­cle komunitas anak-anak muda, memang beragam dan berbeda segala macam,” ungkapnya.

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo ingin bonus demografi dimanfaatkan sebaik-baiknya menuju pesta demokrasi 2024.

Baca juga : Mahasiswa Binjai Dorong Pencabutan Putusan MK Soal Batas Usia Capres-Cawapres

Kemenpora, kata dia, ingin menjaga atmosfir dan suasana menuju 2024 lebih elegan, edukatif dan menyenangkan un­tuk anak muda bangsa.

“Tahun depan akan dihadapkan den­gan pesta demokrasi di tengah bonus demografi. Ini menjadikan anak muda sebagai tokoh utama yang memiliki peran penting di Pemilu 2024,” kata Dito dalam keterangannya, Kamis (23/11/2023).

Dito mengatakan, bonus demografi perlu disambut dengan terbuka dan bi­jaksana agar anak muda bisa benar-benar menjadi pemeran utama, yang peran dan suaranya dapat menentukan masa depan bangsa. Untuk itu, pendidikan politik untuk anak muda menjadi kunci.

Baca juga : Gelar Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres, KPU Dipuji Said Abdullah

“Ibarat bermain game, perlu melaku­kan power-up untuk tokoh utama. Power-up yang kita lakukan tentunya kontekstual dan relevan dengan budaya populer yang sedang digandrungi anak muda,” jelas­nya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 24/11/2023 dengan judul Belum Tentukan Pilihan, Pemilih Muda Mau Lihat Debat Capres-Cawapres Dulu

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.