Dark/Light Mode

Ganjar-Mahfud Targetkan Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana

Kamis, 30 November 2023 11:59 WIB
Cawapres nomor urut 3, Ganjar Mahfud MD saat menemui warga di Sabang, Aceh, Selasa (28/11/2023). (Foto: Instagram mahfud md)
Cawapres nomor urut 3, Ganjar Mahfud MD saat menemui warga di Sabang, Aceh, Selasa (28/11/2023). (Foto: Instagram mahfud md)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen merealisasikan layanan pendidikan secara maksimal.

Sebab, dikatakan Ganjar, dengan mengenyam pendidikan hingga tingkat sarjana, keluarga miskin akan mempunyai kesempatan untuk mengubah nasib hidupnya.

Karena itu, Ganjar-Mahfud akan membuka akses bagi anak-anak dari keluarga miskin untuk meraih pendidikan, hingga mencapai gelar sarjana.

"Satu keluarga miskin, satu sarjana. Memastikan setiap keluarga miskin menyekolahkan minimal satu orang anaknya hingga sarjana, untuk memutus rantai kemiskinan," kata Ganjar, Kamis (30/11/2023).

Baca juga : Siapkan Strategi, Ganjar-Mahfud Janji Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem

Selain misi satu keluarga miskin satu sarjana, Ganjar dan Mahfud juga menyiapkan beberapa misi lain di bidang pendidikan.

Antara lain menjanjikan wajib belajar 12 tahun gratis sehingga setiap siswa bisa pintar tanpa biaya.

Program itu melibatkan rencana transformasi pendidikan, termasuk penggunaan tele-education bagi anak Indonesia secara merata.

Ganjar dan Mahfud juga mendorong integrasi pendidikan dan pelatihan vokasi, yang menyambungkan kebutuhan dunia usaha dengan kurikulum pendidikan, pelatihan, disertai dengan dukungan pemagangan yang nyata bagi para siswa.

Baca juga : Target Macan Kemayoran Cuma Masuk 4 Besar

Di kesempatan sama, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid sependapat dengan Ganjar.

Kata Arsjad, pendidikan bisa mengubah nasib seseorang dan keluarganya.

Arsjad pun mencontohkan nasib Ganjar yang berlatarbelakang keluarga sederhana tapi bisa sukses lantaran mampu mengeyam pendidikan tinggi.

“Program satu keluarga miskin satu sarjana itu sudah punya bukti nyata dalam diri Ganjar. Jadi, kita sangat serius dengan program ini. Dampaknya akan sangat besar bagi keluarga, ekonomi Indonesia, dan visi Indonesia Emas ke depan,” ungkap Arsjad.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Perjuangkan Insentif Nakes Di Daerah 3T

Sekadar informasi, program tersebut sejatinya sudah dilakukan Ganjar ketika menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar membangun sekolah gratis untuk anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Mereka yang bersekolah di SMK juga diberikan fasilitas asrama, bahkan gratis. Anak-anak ini diberi seragam, sepatu, dan makan gratis selama mengenyam pendidikan. UMM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.