Dark/Light Mode

Dradjad Wibowo: Format Debat Cawapres Justru Diusulkan Tim Anies-Muhaimin

Minggu, 3 Desember 2023 14:48 WIB
Drajad Wibowo (Foto: Ist)
Drajad Wibowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Dradjad H Wibowo mengatakan, usulan format debat Pilpres 2024 merupakan usulan perwakilan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Dradjad pun menyesalkan narasi dan persepsi yang berkembang liar di pers dan medsos, yang mengarah pada kesan dan fitnah seolah-olah Presiden Jokowi mengintervensi KPU dalam penentuan format debat capres-cawapres.

“Seolah-olah hal itu dilakukan untuk memberi keuntungan kepada pak Prabowo, dan lebih khusus lagi kepada mas Gibran,” kata Dradjad, Minggu (3/12/2023).

Dradjad menjelaskan, usulan agar capres dan cawapres hadir bersama dalam setiap sesi debat itu muncul dalam rapat/diskusi KPU dengan perwakilan dari ketiga paslon di kantor KPU pada tanggal 29 November 2023.

Dalam rapat tersebut, paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran, diwakili oleh delegasi yang terdiri dari enam orang, dipimpin oleh Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Burhanuddin Abdullah.

“Saya sendiri tidak hadir karena pada waktu yang sama ditugaskan mewakili TKN Prabowo-Gibran dalam acara Indonesia Economic Forum, yaitu the IEF Presidential Dialogue: State of the Nation, yang diselenggarakan di the Habibie & Ainun Library di Jakarta,” ungkap Dradjad.

Baca juga : TKN Ganjar-Mahfud Protes Debat Cawapres Didampingi Capres, KPU Bilang Begini

Berdasarkan notulen internal TKN Prabowo-Gibran, menurut Dradjad, rapat tersebut dibuka Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Setelah itu dilanjutkan dengan paparan dari KPU mengenai tanggal, tempat, tema, format acara, desain dan susunan acara debat.

Setelah itu, perwakilan setiap paslon diberi kesempatan menyampaikan masukan atau usulan.

Menurut Dradjad, perwakilan Anies-Muhaimin menyampaikan beberapa masukan atau usulan.

Salah satunya, kata Dradjad, berbunyi kira-kira sebagai berikut: ‘Agar dalam setiap sesi debat, Capres dan Cawapres hadir bersama, pembagian waktu / porsi berbicara silakan diatur oleh KPU’.

“Usulan ini disampaikan oleh seorang ibu dari perwakilan Anies-Muhaimin dan dikuatkan oleh rekannya. Notulis kami tidak mengetahui nama keduanya, tapi saya yakin KPU mempunyai daftar hadir, atau mungkin rekaman dari rapat tersebut,” papar Ketua Dewan Pakar PAN ini.

Baca juga : Debat Capres-Cawapres Dibikin Lebih Menggigit

Ketika perwakilan Prabowo-Gibran mendapat giliran berbicara, menurut Dradjad, Burhan menyampaikan beberapa masukan atau usulan.

Salah satunya, menyetujui usulan dari perwakilan Anies-Muhaimin di atas.

“Dengan demikian, jelas dan gamblang bahwa Presiden Jokowi sama sekali tidak melakukan intervensi urusan debat kepada KPU. Bahkan saya pribadi meyakini Beliau tidak mengetahui tentang adanya usulan tersebut,” tegas Dewan Pengarah Relawan PAS-Gibran ini.

Merujuk notulen internal TKN Prabowo-Gibran, menurut ekonom senior INDEF ini, usulan format debat tersebut datangnya justru dari tim Anies-Muhaimin.

Karena itu, Dradjad mengaku terkejut ketika membaca berita bahwa Anies Baswedan mengaku terkejut dengan format debat itu. 

“Merujuk notulen internal kami, tim Anies sudah berbicara dan bahkan yang mengusulkannya,” ungkap Dradjad.

Baca juga : Prabowo Kecewa Barat Diam Saat Palestina Diserang Besar-besaran

Dradjad mengaku sangat menjunjung tinggi check and recheck, sehingga ia menyarankan pasangan Anies-Muhaimin mengonfirmasinya kepada tim mereka sendiri, khususnya yang hadir dalam rapat. 

Dengan demikian, segala sesuatunya menjadi jelas dan gamblang.

Ditegaskan Dradjad, Prabowo maupun Gibran siap dengan format debat apa pun yang diputuskan oleh KPU.

Dalam debat tersebut mereka berdua akan menyampaikan program-program Prabowo-Gibran.

Seperti, makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah, program bagi Generasi Milenial dan Generasi Z, dan sebagainya.

Mereka berdua juga akan menjelaskan apa saja manfaat program-program tersebut bagi Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.