Dark/Light Mode

Sekjen Gibran Center Cetuskan Lahirnya Orde Muda, Gibran Jadi Simbolnya

Sabtu, 9 Desember 2023 14:07 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Gibran Center, Fathul Nugroho mencetuskan lahirnya Orde Muda atau Orda.

Orda merupakan gerakan yang bertujuan untuk membawa perubahan dan kebangkitan di kalangan anak muda Indonesia, dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai simbolnya.

Berbeda dari Orde Lama dan Orde Baru yang lebih terfokus pada struktur politik dan sosial pada masanya, Orde Muda fokus pada pemberdayaan, kreativitas, dan inovasi generasi muda.

Gerakan ini menggarisbawahi pentingnya partisipasi aktif anak muda dalam teknologi, pendidikan, kewirausahaan, dan pembangunan sosial.

"Ini adalah upaya untuk membentuk generasi yang sadar sosial, inovatif, dan bertanggung jawab terhadap masa depan Indonesia," cetus Fathul yang juga sebagai Presiden Alumni Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore Chapter Indonesia di Jakarta, Sabtu (9/12/2023).

Gibran, sebagai simbol dan representasi dari "Orde Muda", muncul dalam konteks pergulatan politik Indonesia di dalam Pemilihan Presiden 2024 sebagai calon wakil presiden.

Gerakan Orde Muda ini mencerminkan aspirasi generasi muda untuk perubahan dan pembaharuan dalam kancah politik nasional.

Baca juga : Sekjen Gibran Center: Tudingan Pemerintah Seperti Orba Tak Berdasar

Dalam dinamika politik tersebut, Gibran mewakili suara dan harapan baru bagi generasi muda yang ingin melihat perubahan substansial dalam kepemimpinan dan arah pembangunan negara.

"Ini menggambarkan keterlibatan generasi muda yang lebih aktif dan berpengaruh dalam politik Indonesia," tutur Fathul.

Ia bahkan menyebut, di negara lain, Orde Muda sudah menjadi tren global.

Emmanuel Macron menjadi Presiden termuda Perancis di usia 39 tahun. Irakli Garibashvili menjadi Perdana Menteri (PM) Georgia di usia 38 tahun.

Jacinda Ardern dilantik menjadi PM Selandia Baru di usia 37 tahun. Sementara Sanna Marin menjadi PM Finlandia di tahun 2019 pada usia 34 tahun.

Bagi Fathul, Gibran sebagai representasi dari Orde Muda, tidak hanya menjadi simbol perubahan bagi generasi muda, tetapi juga berperan sebagai "jembatan antar generasi”.

Dia menghubungkan generasi muda dengan generasi senior yang memiliki pengalaman dan kebijaksanaan.

Baca juga : Sahabat Mahfud Muda Dideklarasi Di Menteng

“Kehadiran Mas Gibran di kancah Pilpres 2024 bersama Pak Prabowo menunjukkan bagaimana kolaborasi antar generasi dapat menghasilkan sinergi positif dalam pembangunan bangsa, menggabungkan energi dan inovasi generasi muda dengan kearifan dan pengalaman generasi yang lebih tua,” ungkapnya.

“Ini adalah upaya penting dalam membentuk masa depan Indonesia yang lebih inklusif dan berkelanjutan," ulas Fathul. 

Dalam konteks Pilpres 2024, generasi muda memiliki peran krusial.

Mengingat jumlah pemilih muda usia 17-40 tahun, akan mendominasi sekitar 107 juta orang, atau 55 persen dari total pemilih.

Ini adalah kesempatan bagi anak muda Indonesia untuk berpartisipasi aktif dan menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

"Keterlibatan ini penting untuk mewujudkan lahirnya Orde Muda, sebuah gerakan yang mencerminkan aspirasi dan semangat perubahan di kalangan generasi muda," imbau Fathul.

Ia juga menyampaikan, kemajuan Indonesia sangat bergantung kepada bagaimana bangsa ini dapat memanfaatkan bonus demografi.

Baca juga : Begini Jurus Prabowo-Gibran Menyelesaikan Kusutnya Sektor Perumahan

Dengan adanya sejumlah besar penduduk yang produktif saat ini hingga 2045, Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga masuk jajaran ekonomi terbesar ke-4 di dunia.

Namun, untuk benar-benar memanfaatkan bonus demografi, sejumlah faktor penting harus terlaksana.

Seperti, pendidikan berkualitas, peluang kerja yang memadai, dan kesehatan yang baik. Hal-hal itu harus menjadi prioritas.

"Oleh karena itu, Prabowo-Gibran hadir untuk memberikan yang terbaik untuk anak muda dan untuk Indonesia," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.