Dark/Light Mode

Kukuhan Ribuan Saksi TPS di Kebumen, Bamsoet Ajak Sukseskan Pemilu 2024

Sabtu, 16 Desember 2023 23:29 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Legislator DPR Dapil 7 Jawa Tengah Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan, Pemilu 2024 tidak hanya memilih anggota legislatif mulai dari DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga DPR RI, tetap juga akan memilih pasangan presiden-wakil presiden serta anggota DPD RI untuk periode 2024-2029. Bamsoet pun mengajak semua elemen masyarakat menyuksesan Pemilu ini.

"Pada pencoblosan di 14 Februari 2024, para pemilih akan mendapatkan lima kartu suara di tempat pemungutan suara (TPS). Mari bersama kita sukseskan Pemilu 2024 berjalan jujur dan adil," ujar Bamsoet, dalam pengukuhan ribuan saksi TPS Partai Golkar pada lima kecamatan di Kabupaten Kebumen, Sabtu (16/12).

Acara turut dihadiri antara lain oleh Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kebumen Halimah Nurhayati, Anggota DPRD Kabupaten Kebumen Partai Golkar Munawar Cholil, Caleg DPRD Provinsi Jawa Tengah Partai Golkar Dapil Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen Dwi Nugroho Marsudianto serta para Caleg Partai Golkar DPRD Kabupaten Kebumen.

Baca juga : Sosialisasi 4 Pilar di Kebumen, Bamsoet Ajak Jaga Toleransi Antar Umat Beragama

Dalam safari politik hari kesembilan di Dapil 7 Jawa Tengah, Bamsoet melantik ribuan saksi TPS Partai Golkar dari 87 desa pada lima kecamatan di Kabupaten Kebumen, yaitu Kecamatan Prembun, Padureso, Bonorowo, Mirit dan Ambal. Total, sudah sembilan kecamatan di Kabupaten Kebumen yang saksinya telah dikukuhkan oleh Bamsoet.

Sebelumnya, Bamsoet telah memberikan pembekalan dan melantik 5.928 Saksi TPS Partai Golkar dari 244 desa dan 15 kelurahan pada 18 kecamatan Purbalingga serta 6.450 Saksi TPS Partai Golkar dari 266 Desa dan 12 Kelurahan pada 20 Kecamatan di Banjarnegara.

Ketua MPR ini mengajak masyarakat untuk mau berpartisipasi aktif dengan memilih para wakil rakyat baik di tingkat DPRD, DPR, DPD, maupun presiden. Karena, suara yang diberikan masyarakat akan menentukan arah kebijakan pembangunan nasional dalam lima tahun kedepan.

Baca juga : Bamsoet Ajak Tinggalkan Demokrasi Politik Transaksional

Data KPU mencatat jumlah kursi anggota DPR RI sebanyak 580 kursi, DPRD Provinsi sebanyak 2.372 kursi, DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 17.510 kursi dan DPD sebanyak 152 kursi.

"Memilih para wakil rakyat di tingkat legislatif sama penting dengan memilih pasangan presiden-wakil presiden. Karena di legislatif berbagai peraturan dirumuskan. Salah memilih wakil rakyat akan menyebabkan salah arah pembangunan,” kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini memaparkan, masyarakat harus mengetahui visi, misi serta track record para Caleg dan Capres. Bagi yang baru mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, bisa dilihat bagaimana peran dan keaktifannya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Sedangkan bagi petahana dapat dilihat bagaimana kinerjanya selama duduk menjadi anggota DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, DPR RI dan DPD RI.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Demokrasi di Indonesia

“Para wakil rakyat yang sudah membuktikan kinerjanya, punya peluang terpilih kembali. Namun para wakil rakyat yang pemalas, jangan harap bisa kembali terpilih. Masyarakat juga jangan memilih wakil rakyat hanya karena diiming-imingi uang semata. Pilihlah para wakil rakyat yang mau bekerja keras membangun bangsa dan negara," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.