Dark/Light Mode

Imin Tak Tahu Soal SGIE, Gibran: Maaf Kalau Pertanyaannya Sulit

Sabtu, 23 Desember 2023 09:58 WIB
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Imin), dalam debat Cawapres, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat malam (22/12). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka (kanan) dan Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Imin), dalam debat Cawapres, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat malam (22/12). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, melontarkan pertanyaan terkait cara meningkatkan peringkat Indonesia dalam State of the Global Islamic Economy (SGIE) kepada Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Imin), dalam debat Cawapres, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat malam (22/12).

Pertanyaan tersebut dilontarkan atas dasar posisi Imin sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dinilai seharusnya paham soal ekonomi Islam. Gibran bertanya, langkah apa yang akan dilakukan Imin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

Baca juga : Prabowo: Kalau Kami Berkhianat, Rakyat Yang Akan Menghukum

SGIE adalah laporan yang mengukur kinerja ekonomi Islam di seluruh dunia, berdasarkan berbagai indikator, termasuk keuangan syariah, makanan halal, pariwisata ramah Muslim, dan mode sederhana.

"Karena Gus Muhaimin adalah Ketua Umum PKB, saya paham Gus paham ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia dalam SGIE?" tanya Gibran.

Baca juga : BTN Bantu 5,6 Juta Rakyat Punya Rumah

Mendengar pertanyaan itu, Imin bertanya balik dan mengungkapkan bahwa ia tidak memahami apa itu SGIE. Ia juga mengaku tidak pernah mendengar istilah tersebut. Waktu selama dua menit yang seharusnya dipergunakan untuk menjawab akhirnya dikorbankan.

Setelah diperbolehkan menjawab oleh moderator, Gibran menanggapi pernyataan Imin tersebut, dan menjelaskan bahwa SGIE berkaitan erat dengan ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga : Erling Haaland, Minta Maaf Ke Ronaldo Gegara Game Online

"Gus, kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah dan keuangan syariah. Otomatis kita harus paham SGIE. SGIE adalah State of Global Islamic Economy. Dan Indonesia sudah masuk 10 besar di dalamnya terutama makanan halal, kosmetik halal. Mohon maaf kalau pertanyaan saya sulit," kata Gibran, seraya tersenyum.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.