Dark/Light Mode

Dapil Sumut II

Petahana Dapat Lawan Berat

Jumat, 29 Desember 2023 08:00 WIB
Dapil Sumut II Petahana Dapat Lawan Berat

 Sebelumnya 
Bagaimana cara petahana menghadapi para penantang baru itu? Trimedya Panjaitan dari PDIP mengakui, seluruh Caleg Dapil Sumut II bagus-bagus. Termasuk yang diterjunkan PDIP.

“Selain saya dan Sihar Sitorus, dari PDIP ada Rapindin Simbolon mantan Bupati Samosir, kemudian Tamara Geraldine yang terkenal karena artis. Partai lain yang mengutus Caleg-nya dengan latar belakang kepala daerah juga bagus. Semua bagus,” kata Trimed saat dihubungi, Kamis (28/12/2023).

Saat ini, lanjut dia, tinggal bagaimana para Caleg ini meyakinkan masyarakat bahwa mereka mampu mengurus konstituennya. Juga, sejauh mana Caleg baru bisa mencuri kantong suara yang tidak tergarap incumbent.

Baca juga : Survei LSJ: Pasca Debat Prabowo-Gibran Melesat

“Ruang-ruang yang selama ini menjadi kantong suara incumbent, tapi nggak diurus, nah ini bisa dimanfaatkan oleh pemain baru dan diperebutkan,” ucap anggota Komisi III DPR itu.

Lebih lanjut, Trimed tidak menafikan bahwa petahana lebih diuntungkan. Sebab, lebih dulu memberikan kontribusi. “Pemilihan Dapil Sumut II ini yang penting sering-sering dikunjungi, Caleg-nya bunyi di Senayan, dan mau memperjuangkan aspirasi mereka,” sebut dia.

Sedangkan Caleg baru, lanjut dia, pemilih bakal menanyakan dulu apa motivasi dan program mereka nyaleg. “Kalau petahana sudah jelas apa yang dilakukan selama ini. Seperti saya dari Sumut II ini sejak 2004 sampai sekarang. Jadi, basis pemilih kita sudah tahu benar,” ucap Trimed.

Baca juga : Pilpres 2 Putaran, Ganjar Dan Prabowo Paling Berpeluang

Menyoal orientasi pemilih berdasarkan Capres yang diusung, menurut Trimed tidak semuanya. “Pertama, partai jelas memengaruhi. Capres juga. Namun yang paling penting itu, sejauh mana si Caleg ini meyakinkan pemilih memilih dirinya dan Capres yang didukungnya,” sebutnya.

Dia meyakini pemilih PDIP juga akan memilih Capres yang diusung. “PDIP saya berkeyakinan Pemilunya memilih Caleg-nya dan memilih Capresnya. Tinggal kita memengaruhi pemilih yang pilihan Caleg dan Capresnya berbeda,” pungkas Trimed.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 29/12/2023 dengan judul Dapil Sumut II, Petahana Dapat Lawan Berat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.