Dark/Light Mode

Dapil Sumut II

Petahana Dapat Lawan Berat

Jumat, 29 Desember 2023 08:00 WIB
Dapil Sumut II Petahana Dapat Lawan Berat

RM.id  Rakyat Merdeka - Perang bintang bakal tersaji di daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara II. Politisi yang sudah beberapa periode duduk di DPR, ditantang sejumlah nama beken mulai dari kepala daerah hingga artis.

Dapil Sumut II meliputi Humbang Hasundutan, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Nias Utara, dan Padang Lawas. Kemudian Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Samosir. Selanjutnya, Kota Gunungsitoli, Padang Sidempuan, dan Sibolga.

Baca juga : Survei LSJ: Pasca Debat Prabowo-Gibran Melesat

Pada Pemilu 2019 lalu, dari dapil ini meloloskan 10 politisi. PDIP dan NasDem menjadi jawara dengan dua kadernya yang berhasil terpilih. Dari PDIP yakni Trimedya Panjaitan dan Sihar Sitorus. Sementara dari NasDem berhasil direbut oleh Martin Manurung dan Delmeria. Sedangkan partai politik lainnya, masing-masing harus berbagi satu kursi. Minus PPP yang nihil perwakilan.

Mereka Marwan Dasopang (PKB), Gus Irawan Pasaribu (Gerindra), Lamhot Sinaga (Golkar), Iskan Qolba Lubis (PKS), Saleh P Daulay (PAN), dan Ongku P Hasibuan (Demokrat).

Baca juga : Pilpres 2 Putaran, Ganjar Dan Prabowo Paling Berpeluang

Datang sebagai penantang baru, muncul sejumlah nama yang berasal dari berbagai latar belakang. Ada enam mantan kepala daerah yang akan maju sebagai Caleg. Yakni eks Bupati Samosir Rapindin Simbolon nyaleg lewat PDIP. Lalu eks Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu dari Golkar, eks Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi dari Golkar.

Kemudian, mantan Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing maju dari NasDem. Mantan Bupati Tapanuli Utara, Bachtiar Sibarani maju dari NasDem. Mantan Bupati Tapanuli Tengah, Syarfi Hutauruk dari Demokrat. Terakhir, mantan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dari Demokrat.

Baca juga : Yasonna Ditantang Mantan Wakapolri

Selain eks kepala daerah, ada sederet tokoh populer maju di dapil tersebut. Mulai dari Harun Mustafa Nasution (Gerindra) yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Sumut saat ini. Ada nama artis Tamara Geraldine (PDIP) dan tokoh masyarakat Nias Turunan Gulo (PDIP).

Kemudian, politisi senior Rambe Kamarul Zaman (Golkar), pengacara Razman Arif Nasution (Hanura), hingga penggiat hukum Irma Hutabarat (PSI).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.