Dark/Light Mode

Penyerapan Anggaran Pemilu 2023 Capai Rp 29,9 T

Selasa, 2 Januari 2024 22:17 WIB
Petugas mengangkat kotak suara. (Foto: Rakyat Merdeka)
Petugas mengangkat kotak suara. (Foto: Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, realisasi anggaran Pemilu pada 2023 mencapai Rp 29,9 triliun. Jumlah tersebut 98,4 persen dari pagu Rp 30,4 triliun yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Realisasi sementara anggaran pemilu pada tahun anggaran 2023 disalurkan melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebesar Rp 26,1 triliun serta melalui 14 kementerian/lembaga (K/L) sebesar Rp 3,8 triliun.

Baca juga : Sri Mul: Realisasi Anggaran IKN 2023 Capai Rp 26,7 T

Menurut Sri Mul, anggaran yang disalurkan melalui KPU dan Bawaslu itu digunakan untuk pembentukan badan adhoc, peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu, pengadaan dan pengawasan logistik, pencalonan presiden dan wakil presiden, pengawasan masa kampanye dan penyelenggaraan pemilu, pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, hingga penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan.

Sementara, anggaran yang disalurkan melalui K/L digunakan untuk pemenuhan alat material khusus (almatsus) pendukung pengamanan pemilu, penanganan pelanggaran kode etik penyelenggaraan pemilu, pengawasan dana penyelenggaraan pemilu, hingga perumusan kebijakan kerawanan keamanan nasional terkait pemilu.

Baca juga : Kejagung Beberkan Kinerja Tahun 2023, Realisasi PNBP Lebih Target

Menkeu menjelaskan anggaran pemilu disalurkan setiap tahunnya. Pada 2022, realisasinya sebesar Rp 3,1 triliun dan alokasi pada APBN 2024 sebesar Rp 38,2 triliun. Dengan demikian, total anggaran pemilu sejak 2022 hingga 2024 mencapai Rp 71,2 triliun.

Adapun untuk alokasi anggaran pada APBN 2024 hanya disiapkan untuk penyelenggaraan pemilu satu putaran.

Baca juga : Pesan Berbagai Tokoh Agar Pemilu 2024 Damai & Sukses, Hindari Hoaks dan Konflik

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata mengatakan, pihaknya telah mencadangkan anggaran bila pemilu berlanjut ke putaran kedua. "Kami sudah menyediakan cukup, termasuk kalau ada putaran kedua. Kami sudah siap, semoga yang terbaik buat Indonesia," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.