Dark/Light Mode

Ravindra: Program Makan Siang Gratis Sejahterakan Petani Dan Peternak Bogor

Sabtu, 6 Januari 2024 11:33 WIB
Politikus Muda Partai Golkar Ravindra Airlangga (tengah).
Politikus Muda Partai Golkar Ravindra Airlangga (tengah).

RM.id  Rakyat Merdeka - Politikus muda Partai Golkar Ravindra Airlangga menuturkan, Program Makan Siang Gratis (PMSG) Prabowo-Gibran bisa memberikan efek domino bagi kesejahteraan petani dan peternak Kabupaten Bogor.

Hal itu disampaikan Ravindra saat membuka sosialisasi PMSG Prabowo-Gibran melalui kegiatan Memasak dan Makan bersama Golkar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (6/1/2024).

"PMSG ini akan meningkatkan pendapatan peternak dan petani lokal. Sebab, mereka bisa menjual lebih banyak produknya untuk salah satu program unggulan Prabowo-Gibran ini," tutur Ravindra, Sabtu (6/1/2024).

Ravindra yang juga Ketua Panitia Memasak dan Makan Gratis Partai Golkar ini mengatakan, jika sebagai contoh PMSG akan menyediakan 20 ribu porsi makanan setiap hari, dapat memberikan nilai tambah bagi peternak lokal.

Baca juga : Prabowo: Kebijakan Susu Gratis Adalah Keberpihakan Pada Anak-anak Indonesia

Misalnya sebagai contoh hipotetis, dalam satu porsi program PMSG, diminta mengandung 50-100 gram protein.

Artinya, kata dia, PMSG membutuhkan 1000-2.000 kilogram protein setiap hari.

"Sebagai contoh hipothetis jika harga per kilogram adalah Rp 50 ribu, berarti ada Rp 50 juta - 100 juta nilai tambah per hari yang bisa didapatkan peternak lokal," ujar Ravindra.

Sosok yang akrab disapa Vindra ini menyebut, banyak peternak dan petani lokal yang bisa ikut bergabung dalam misi mengatasi stunting oleh Prabowo-Gibran.

Baca juga : Program SMK Gratis Ganjar-Mahfud Hasilkan Anak Bangsa Yang Berdaya Saing

Menurutnya, selain bisa iktu berpartisipasi mengatasi stunting, mereka juga mendapatkan manfaat karena produknya terserap sepenuhnya.

Menurut Vindra, dengan terserapnya produk peternak lokal, akan berdampak pada peningkatan produksi.

Hal ini juga akan memberi efek lain untuk menciptakan lapangan kerja baru.

Vindra mengatakan, saat ini, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor, pada 2023, industri peternakan mampu memberikan kontribusi 2,5 persen terhadap Produk Domestik regional Bruto (PDRB).

Baca juga : Turun Ke Pasar, Atikoh Pastikan Ganjar-Mahfud Sejahterakan Petani

Industri di sektor ini juga mampu menyerap sekitar 15 ribu tenaga kerja.

"Bayangkan saja ketika PMSG ini direalisasikan, akan semakin banyak produk peternak lokal yang bisa terserap. Karena program ini memang khusus untuk menyejahterakan peternak dan petani lokal, bukan pengusaha besar," tegas Vindra.

Dia berharap, melalui kegiatan Masak dan Makan Gratis di Kabupaten Bogor ini, masyarakat semakin memahami pentingnya PMSG untuk generasi muda Indonesia dan peternak lokal.

"Kalau Prabowo-Gibran menang, Golkar menang, peternak dan petani senang, anak-anak kita bebas stunting," ujar Vindra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.