Dark/Light Mode

TPN: Ganjar-Mahfud Perkuat Rantai Pasok Global

Kamis, 11 Januari 2024 13:46 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengatakan, penguatan keterlibatan dalam rantai pasok global menjadi prioritas Ganjar-Mahfud.

Hal itu bertujuan untuk memperkuat posisi Indonesia dalam dinamika geoekonomi global.

Baca juga : Kaukus Muda Beringin 03 Dukung Ganjar-Mahfud, Ini Peringatan Keras DPP Golkar!

"Penguatan keterlibatan dalam rantai pasok global menjadi prioritas Ganjar-Mahfud untuk memperkuat posisi Indonesia dalam dinamika geoekonomi global," kata Anggota Eksekutif TPN Ganjar-Mahfud Reine Prihandoko, Kamis (11/1/2024).

Akan tetapi, berdasarkan data Global Connectedness Index yang dirilis oleh DHL menunjukkan, bahwa tren globalisasi keterhubungan Indonesia di berbagai aspek, termasuk perdagangan, terus menurun.

Baca juga : Tanggapi Gagasan Ganjar-Mahfud Perkuat Siber Polri, Prof Muradi: Perlu SDM Ahli

"Tahun 2017, Indonesia mencatatkan skor konektivitas sebesar 42, di periode 2019 hingga 2020 mengalami penurunan skor hingga 39,” tegas Reine.

Diketahui, di tengah krisis iklim, krisis pangan, dan krisis energi yang melanda dunia saat ini, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merumuskan lima arah kebijakan politik luar negeri untuk menghadapi tantangan global, tapi tetap sejalan dengan kepentingan nasional.

Baca juga : OSO: Ganjar Pemimpin Elegan, Berdebat Pakai Hati Nurani

Dalam lima arah kebijakan luar negeri, Ganjar dan Mahfud berupaya menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, mencapai kemandirian energi, memperkuat kedaulatan maritim, menjadi pusat "safe haven" industrialisasi, dan melindungi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.