Dark/Light Mode

Debat Keempat

KPU Mau Sortir Tim Hore

Minggu, 14 Januari 2024 08:20 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ricuhnya tim hore Capres saat debat ketiga jadi evaluasi KPU. Lembaga penyelenggara Pemilu itu mau mensortir tim hore yang hadir ke debat keempat yang mempertemukan para Cawapres.

Rencana tersebut berdasarkan hasil rapat antara KPU dengan seluruh perwakilan tim sukses Capres. KPU mengingatkan agar masing-masing Paslon untuk meneguhkan komitmen yang telah disepakati bersama.

“Kemarin sudah dievaluasi rapat dengan KPU dan tim paslon hari Rabu tanggal 10 (Januari) sudah dievaluasi semuanya,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Baca juga : Pria Telanjang Lompat Ke Akuarium Di Toko

Hasyim pun menyoroti tindakan dari salah satu timses Capres yang sampai mendekati meja moderator pada debat ketiga, Minggu (7/1/2024) lalu. Kata Hasyim, tindakan tersebut merupakan pelanggaran di luar kesepakatan bersama.

“Di lapangan kan kadang-kadang ada meleset-melesetnya. Maka evaluasi kemarin diharapkan semua tim paslon meneguhkan kembali komitmen apa yang sudah disepakati bersama,” tegas Hasyim.

Menyoal sanksi, Hasyim juga sudah menyampaikan saat rapat evaluasi tersebut. Begitu juga perihal permintaan Presiden Jokowi agar debat dievaluasi supaya tidak ada saling menyerang personal calon. “Ini saya sudah komentar, saya nggak mau mengulang-ulang lagi,” ujar dia.

Baca juga : Witan Senang Tempati Posisi Full Back Di Timnas

Sebelumnya, Komisioner KPU August Mellaz menyatakan, pihaknya telah mengevaluasi pelaksanaan debat ketiga Pilpres 2024. Aksi timses paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, kata Mellaz, yang menghampiri moderator saat debat sudah diberi teguran secara langsung.

“Yang jelas kan masih posisi sebagaimana dikatakan Pak Ketua, apapun alasannya tindakan itu tidak dibenarkan,” jelas Mellaz.

Dia lantas berbicara seorang anggota komisioner KPU saja tak berani untuk berinteraksi secara langsung. “Pak Afif (Mochammad Afifuddin) dan Bu Betty (Betty Epsilon Idroos) saja yang komisioner nggak berani langsung lakukan hal itu kan,” sebutnya.

Baca juga : Ketua KPU Dan Roy Suryo Saling Tembak

Mendengar langkah KPU, masing-masing timses paslon buka suara. Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menolak langkah KPU yang akan menyortir tim hore.

“Hemat saya tidak perlu bertindak berlebihan dengan menyortir tim hore. Harapannya agar KPU tetap objektif dan tidak berpihak pada salah satu paslon,” sebut Asisten Pelatih Timnas Amin, Jazilul Fawaid saat dihubungi Rakyat Merdeka, Sabtu (13/1/2024).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.