Dark/Light Mode

Debat Keempat

KPU Mau Sortir Tim Hore

Minggu, 14 Januari 2024 08:20 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Kata politisi yang akrab disapa Gus Jazil itu, ada hal yang lebih utama dibanding KPU menyaring timses yang hadir menyaksikan debat secara langsung. “Terpenting, jangan batasi paslon untuk berdebat seru,” kata Wakil Ketua Umum PKB itu.

Sementara, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran akan mengikuti apa yang menjadi keputusan KPU sebagai penyelenggara debat. “Kami dan PAN dan juga TKN Prabowo-Gibran ikut aturan dari KPU dalam teknis penyelenggaraan debat,” sebut TKN Fanta Prabowo-Gibran, Valeryan Bramasta.

“Semoga perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh KPU dapat membuat Substansi debat Capres maupun Cawapres bisa lebih baik, dan menghibur masyarakat Indonesia,” tambah Juru Bicara PAN itu.

Baca juga : Pria Telanjang Lompat Ke Akuarium Di Toko

Sedangkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud sesumbar pihaknya telah menjalankan aturan debat sebagaimana yang telah disepakati. “Paslon 03 maupun timsesnya sangat komit pada aturan-aturan yang udah disepakati bersama,” terang Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Finsensius Mendrofa.

Pihaknya berharap tindakan berlebihan yang dilakukan oleh tim hore saat menonton debat secara langsung agar tidak terulang kembali. “Dari TPN meminta KPU tegas apabila ada pelanggaran kesepakatan debat, baik yang dilakukan paslon maupun timsesnya,” tekan Finsen.

Diketahui, ramai di media sosial sejumlah aksi tak terpuji oleh tim hore Capres yang menyaksikan debat di sekitaran lokasi. Seperti sosok wanita yang meneriaki Anies dengan kata-kata kasar saat debat berlangsung. Ditambah lagi politisi PSI Grace Natalie dan Isyana Bagoes tertangkap kamera menghampiri moderator debat.

Baca juga : Witan Senang Tempati Posisi Full Back Di Timnas

Upaya KPU yang akan menyortir tim hore mendapat dukungan dari netizen. “Yang dibutuhkan bukan cuma evaluasi. Memang perlu ada ketegasan dari KPU,” tekan @DoehMA974. “Untuk sesi-sesi debat selanjutnya, yang kemarin bikin ulah sebaiknya dilarang hadir aja,” timpal @tonysugiantono.

Sementara akun @aiyubilyas mengatakan, KPU harus mendiskualifikasi paslon yang timsesnya semrawut saat nonton debat secara langsung. “Didiskualifikasi saja,” seloroh dia. “Bawaslu harus segera bertindak. Supaya Pemilu tidak makin brutal,” pungkas @ngabdirojo.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 14/1/2024 dengan judul Debat Keempat, KPU Mau Sortir Tim Hore  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.