Dark/Light Mode

Dapil Maluku, Istri Gubernur Goyang 4 Juara Bertahan

Selasa, 16 Januari 2024 08:59 WIB
Adu kuat Caleg/Ilustrasi (Gambar: RM)
Adu kuat Caleg/Ilustrasi (Gambar: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Caleg petahana dari Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku patut waspada terhadap pendatang baru jika ingin mempertahankan kursinya di DPR dalam Pileg 2024. Sebab, mereka harus bersaing para penantang kuat, seperti mantan bupati, istri gubernur, pengacara menteri, hingga tim sukses Capres.

Dapil Maluku memiliki alokasi empat kursi. Di Pileg 2019, kursi itu diraih Hendrik Lewerissa dari Partai Gerindra, Mercy Chriesty Barends dari PDIP, Abdullah Tuasikal dari NasDem, dan Saadiah Uluputty dari PKS. Di Pileg 2024, mereka semua kembali maju untuk mempertahankan kursinya di DPR.

Usaha para petahana untuk mempertahankan kursi terbilang tidak mudah, karena pendatang barunya punya nama-nama besar. Sebut saja Herman Adrian Koedoeboen yang diusung PDIP. Ia merupakan Bupati Maluku Tenggara periode 2003-2008 sekaligus mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku.

Selanjutnya, dari PAN ada Widya Pratiwi, istri dari Gubernur Maluku, Irjen (Purn) Murad Ismail. Dia di-plot bersama Arbab Paproeka, Munir Kairoti, dan Inge Marlyn Laurensia De Jong.

Baca juga : Ganjar Tak Rela Suaranya Dicuri

Partai NasDem tak mau ketinggalan dengan mengusung Rosita Usman, Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Maluku. Dia bakal bersaing dengan Anderias Rentanubun dan Javrendzia Eka Putri Pasanea, serta Abdullah Tuasikal selaku petahana.

Sementara, PKB berusaha meraih kembali kursi DPR dari Dapil Maluku dengan mengusung mantan Ketua DPRD Kota Tual Djamaludin Koedoeboen, yang juga berlatar belakang sebagai advokat, sekaligus pengacara mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Sebagai pendatang baru, Djamaludin tidak takut harus menghadapi petahana dan pendatang baru lain yang punya nama besar. Dia menganggap, apra kemampuan para pesaingnya bisa diukur dan ditakar. Baginya, yang terpenting adalah berjuang untuk rakyat Maluku. “Sebagai lawyer, saya justru sering membela kepentingan warga Maluku,” ungkapnya, kepada Rakyat Merdeka, Senin (15/1/2024).

Dia menjelaskan, dalam setiap kegiatan yang digelar bersama rakyat Maluku, kerap mendapat keluhan bahwa wakil mereka cenderung jarang muncul ke daerah untuk membahas kebijakan pemerintah pusat yang dirasa menyengsarakan. Padahal, menurutnya, sebagai wakil rakyat, anggota Dewan seharusnya turun ke daerah dan menepati janjinya saat kampanye untuk berjuang demi kepentingan masyarakat pendukungnya. Bukan membela kepentingan penguasa.

Baca juga : 2 Istri Eks Gubernur Berebut Kursi Senayan

“Mudah-mudahan dengan background advokat dan aktivis yang saya miliki bisa menghadirkan berbagai solusi atas isu-isu yang selama ini membuat masyarakat kecewa. Supaya mereka kembali percaya masih ada harapan baru,” ungkapnya.

Soal program, Djamaludin fokus terhadap persoalan tenaga kerja, sumber daya alam yang tidak dikelola dengan baik, masyarakat jadi tamu di negeri sendiri, serta membahas tingkat pengangguran yang tinggi dan berujung pada meningkatnya pelanggaran pidana. “Saya berharap, sekiranya diberi kesempatan menjadi wakil rakyat akan memberikan semua yang jadi hak warga Maluku,” pungkasnya.

Sementara, Caleg petahana dari Gerindra Hendrik Lewerissa bakal berjuang keras mempertahankan satu kursinya. Anggota Komisi VI DPR ini menjelaskan, Gerindra telah memilih kader terbaik untuk mendampinginya mempertahankan satu kursi di Senayan, yakni Rudolf A Pical yang mewakili wilayah Seram Raya dan Lease dan Hanifa Hehanussa yang mewakili wilayah Seram Barat.

Dengan komposisi Caleg yang telah ditetapkan dan konsolidasi serta sosialisasi yang dilakukan partai selama ini, Hendrik optimis Gerindra mampu mempertahankan kursi yang telah diperoleh di Pemilu 2019. “Tentu kita sangat optimis punya satu kursi di 2024,” katanya.

Baca juga : Hasil Piala Asia: Australia Menang, China Ditahan Tajikistan

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (16/1), dengan judul “Dapil Maluku, Istri Gubernur Goyang 4 Juara Bertahan”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.