Dark/Light Mode

Kiai Ma’ruf Pilih Netral

Jumat, 26 Januari 2024 08:30 WIB
Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin. (Foto: Antara)
Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di Pilpres 2024, Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin mengambil sikap berbeda dengan Presiden Jokowi. Bila Jokowi bilang Presiden boleh memihak, Kiai Ma’ruf memilih sikap netral. Sikap Wapres ini dapat pujian dari warganet.

Hal tersebut ditegaskan Kiai Ma’ruf usai memimpin Rapat Tingkat Menteri tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (25/01/2024). Kiai Ma’ruf menuturkan, secara aturan presiden dan wakil presiden memang dibolehkan untuk memihak dan ikut kampanye.

Hal tersebut juga yang disampaikan Presiden Jokowi di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu lalu.

Baca juga : Kylian Mbappe Risih Jadi Orang Terkenal

Menurut Kiai Ma’ruf, pernyataan Jokowi itu ditanggapi beragam. Ada yang setuju, ada juga yang tidak. Menurut dia, biarkan nanti publik yang menilai. “Namun saya sejak awal sudah memposisikan diri untuk bersikap netral, ya, tidak (akan) memihak,” tegas Kiai Ma’ruf.

Lebih lanjut, Kiai Ma’ruf menyatakan, dirinya akan tetap menunjukan sikap netral ke publik di masa kampanye ini. Ia pun menegaskan tak akan turun berkampanye.

“Saya sekarang memposisikan saya itu netral. Saya kira tidak ada masalah ya. Ini bukan perbedaan dengan Presiden. Memang Presiden sudah menyatakan seperti itu, dan saya memang tetap netral. Jangan dibilang saya berbeda dengan Presiden itu nanti,” imbuhnya.

Baca juga : KPU Siapkan Pilpres 2 Putaran

Kiai Ma’ruf menyatakan, sikap politiknya akan ditunjukkan pada waktu pencoblosan di tempat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Itu pun, kata dia, pilihan politiknya tak akan ditunjukkan ke publik. “Saya bilang itu urusan rahasia saya. Itu urusan hati dan personal,” tambahnya.

Soal sikap netral, Kiai Ma’ruf sampai mengulanginya hingga dua kali. Kata dia, pilihan politiknya bersifat rahasia.

“Sejak awal sudah memposisikan diri untuk bersikap netral, ya, tidak memihak. Saya bilang saya netral,” tuntasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.