Dark/Light Mode

Dapil Sulawesi Selatan III: Kental Dinastinya, Sengit Pertarungannya

Selasa, 30 Januari 2024 08:28 WIB
Adu kuat Caleg (Gambar: RM)
Adu kuat Caleg (Gambar: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertarungan sengit akan terjadi di Pileg 2024 Dapil Sulawesi Selatan III. Tujuh petahana ditantang 'raja-raja daerah' beserta para istri dan anak-anaknya. Selain itu, politisi daerah dan pengusaha lokal juga ikut meramaikan bursa perebutan 7 kursi DPR di dapil tersebut.

Dapil Sulsel III meliputi 9 kabupaten/kota. Yakni Kab. Luwu, Kota Palopo, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu Timur, Toraja Utara, Tana Toraja, Sidrap, Enrekang, dan Pinrang. Sementara, anggota DPR yang berhasil lolos di Pemilu 2019 adalah Rusdi Masse (NasDem), Muhammad Dhevy Bijak (Demokrat), Eva Stevany Rataba (NasDem), La Tinro Latunrung (Gerindra), Muhammad Fauzi (Golkar), Sarce Bandoso Tandiasik (Golkar), dan Mitra Fachruddin (PAN).

Pada Pemilu 2024, ketujuh petahana mendapat saingan dari para caleg lintas parpol. Seperti mantan Bupati Luwu Andi Muzakkar dari Gerindra. Kemudian tiga kader NasDem yang pernah memimpin daerah. Yakni mantan Bupati Pinrang Aslam Patonangi, mantan Wali Kota Palopo Judas Amir, mantan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, dan mantan Bupati Enrekang Muslimin Bando dari PAN.

Selain itu, sejumlah kepala daerah 2 periode ikut meramaikan pertarungan. Mulai dari Bupati Luwu 2 periode Basmin Mattayang, Wali Kota Palopo HM Judas Amir, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, dan Bupati Lutra Hj Indah Putri Indriani.

Baca juga : Dapil Sulawesi Selatan II: Anak Menteri Berhadapan dengan Ahli Karate

Dari Toraja Utara, istri dari dua Kepala Daerah rupanya tak mau ketinggalan ambil bagian. Agustina Mangande yang merupakan istri Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang maju dari Golkar. Lalu Damayanti Batti, istri dari Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong ikut merebutkan kursi Senayan Dapil Sulsel III melalui Gerindra.

Selain dari keluarga dinasti, sejumlah parpol juga menurunkan petinggi daerah di dapil tersebut. Wakil Ketua DPD PDIP Sulsel Herman Opy Sanda, Ketua DPC PDIP Pinrang Kartini Lolo, Wakil Sekretaris Jenderal Golkar Hasrul Rahman, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) La Kama Wiyaka, Ketua NasDem Luwu Hayarna Basmin.

Selanjutnya, Ketua NasDem Luwu Utara Putri Dakka, Ketua PKS Sulsel Muhammad Amri Arsyid, Sekretaris PAN Sulsel Andi Jamaluddin Jafar, Ketua Demokrat Luwu Utara Triyono Kusnan, Ketua Bappilu PPP untuk wilayah Indonesia Timur Darwis Ismail, Ketua PPP Pinrang Sahabuddin, dan pengurus DPP Gelora Muh Jafar Sodding.

Selain kepala daerah dan elite parpol, sejumlah anggota DPRD juga mencoba adu nasib untuk naik kelas. Sebut saja Ketua Banggar DPRD Sulsel, Irwan Hamid akan naik kelas ke Senayan. Lalu ada Welem Sambolangi yang merupakan anggota DPRD Tana Toraja dari fraksi Golkar. Welem telah empat kali berturut-turut terpilih menjadi anggota legislatif dan tiga periode menjabat Ketua DPRD Tana Toraja.

Baca juga : Kursi Petahana Masih Belum Aman

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menilai Pileg Dapil Sulsel III kali ini menjadi ujian bagi NasDem. Di mana NasDem berhasil menjuarai dapil ini.

"Apakah NasDem masih bisa mempertahankan 2 kursi DPR seperti Pemilu 2019? Mengingat banyak mantan kepala daerah yang ikut terjun di dapil ini," kata Agung kepada Rakyat Merdeka, Senin (29/1/2024).

Dapil ini juga, tambah Agung, secara personal sebagai uji efektivitas mesin politik antara petahana dengan penantang. Karena masing-masing figur yang maju memiliki basis massa dan popularitas.

"Secara elektoral ini menguji seberapa berdampak coattail effect (efek ekor jas) mengalir dari ketiga Capres-Cawapres, Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud ke masing-masing Caleg NasDem, PKS, PKB, Gerindra, dan PDIP," tutur dia.

Baca juga : Bagi Pendatang Baru, Pintunya Terbuka Lebar

Dengan demikian, diakui Agung, parpol utama pendukung ketiga Capres akan mendapat berkah elektoral. "NasDem, Gerindra, PDIP, PKB dan PKS punya peluang lebih besar mendapat kursi karena selama ini mampu mengidentikkan dengan Capres-Cawapres yang berkontestasi di Pilpres," pungkas dia.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (30/1), dengan judul “Dapil Sulsel III: Kental Dinastinya, Sengit Pertarungannya”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.