Dark/Light Mode

Golkar: Prabowo-Gibran Unggul Jauh Di NTB

Selasa, 30 Januari 2024 16:19 WIB
Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Bali, NTB dan NTT Partai Golkar, Sari Yuliati (Foto: Ist)
Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Bali, NTB dan NTT Partai Golkar, Sari Yuliati (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat, elektabilitas pasangan nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal itu disampaikan Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Bali, NTB dan NTT Partai Golkar, Sari Yuliati, di Mataram pada Senin (29/1/2024).

Sari mengatakan, pada survei yang dilakukan pada 9-17 Januari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 61,1 persen. Diikuti Anies-Muhaimin dengan elektabilitas sebesar 21,3 persen.

Baca juga : Ini Deretan Gerakan Wiranto Dukung Prabowo-Gibran Menang Sekali Putaran

Sementara Ganjar-Mahfud diposisi terakhir dengan raihan elektabilitas sebesar 7,5 persen. Sekitar 10,2 persen responden menjawab tidak tahu/tidak jawab.

"Dari hasil survei tersebut juga dapat dilihat terjadi kenaikan bagi pasangan Prabowo-Gibran dari yang awalnya diangka 53,7 persen pada bulan November menjadi 61,1 persen pada bulan Januari," kata Anggota Komisi III DPR RI ini.

Dilanjutkannya, pada survei tersebut juga dilakukan simulasi jika Pilpres dilaksanakan 2 putaran.

Baca juga : Nusron: Kalau Prabowo-Gibran Menang, Yang Lain Tak Akan Diapa-apain

Pada simulasi pertama, pasangan Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin. Sari menyebut pasangan Prabowo-Gibran unggul 64,0 persen dibandingkan dengan pasangan Anies-Muhaimin yang memperoleh 23,1 persen, dan terdapat 12,9 responden tidak tahu/tidak jawab.

Kemudian, kata dia, jika disimulasikan antara pasangan Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud, diperoleh hasil pasangan Prabowo-Gibran unggul jauh di angka 68,3 persen dibandingkan dengan pasangan Ganjar-Mahfud yang hanya memperoleh 14,9 persen, dengan 16,8 persen responden tidak tahu/tidak jawab.

Ditambahkannya, survei tersebut dilakukan melibatkan 820 responden dipilih secara acak dari populasi tersebut dengan metode stratified-multistage random sampling, dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,5 persen dengan kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Panel Barus All In Menangkan Golkar Dan Prabowo-Gibran Di Riau

Survei tersebut dilakukan oleh seorang surveyor secara tatap muka atau secara langsung.

"PR kita di sisa waktu terakhir ini adalah memaksimalkan suara pemilih Golkar yang memilih Prabowo-Gibran hingga 80 persen," tegas Sari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.