Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot Bibit Unggul, Ganjar Bakal Tingkatkan Dana Riset 1 Persen Dari PDB

Jumat, 2 Februari 2024 13:33 WIB
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Foto : ist)
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Riset dan inovasi pembibitan menjadi salah satu bidang yang mendapat perhatian khusus calon presiden 2024, Ganjar Pranowo.

Demi menjadikan Indonesia sebagai pusat pembibitan dunia, Ganjar berencana menaikkan anggaran riset dan inovasi sebesar 1 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Upaya itu juga dilakukan dengan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta perguruan tinggi.

Baca juga : Mendes: Literasi Taman Bacaan Tingkatkan SDM Masyarakat Desa

Hal itu ditegaskan Ganjar saat mengunjungi pusat pembibitan di Desa Karangduwur Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, Kamis (1/2/2024). Di tempat itu, Ganjar melihat pengembangan pembibitan yang dilakukan ibu-ibu di desa setempat.

"Hari ini kita melihat sesuatu yang luar biasa, ternyata di desa saja ibu-ibu bisa menciptakan bibit unggul. Dan seminggu mereka bisa membuat 10.000 bibit serta dikirim ke berbagai daerah di Indonesia," ucap Ganjar dalam pernyataannya, Jumat (2/2)..

Jika ibu-ibu di desa bisa menciptakan bibit unggul, maka Ganjar optimis Indonesia menjadi pusat pembibitan tanaman dunia dengan menggandeng BRIN dan perguruan tinggi. Apalagi, Indonesia mempunyai banyak jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dan dijual. 

Baca juga : Bank DKI Tingkatkan Layanan Digital Untuk Zakat, Wisata, Hingga Pendidikan

"Kalau BRIN dan kampus dilibatkan, maka akan terbayang kualitas bibitnya akan semakin unggul. Maka penting mereka turun dan memberikan pengetahuan serta pelatihan pada masyarakat seperti ini," jelasnya.

Ganjar juga menegaskan anggaran untuk riset dan inovasi di bidang bibit perlu ditingkatkan. Ia menargetkan, anggaran riset minimal 1 persen dari PDB agar semakin banyak inovasi khususnya di bidang pertanian.

"Iya, setidaknya anggaran riset dan inovasi 1 persen dari PDB itu harus diwujudkan agar hasil riset kita dahsyat. Termasuk riset di bidang pertanian dan menciptakan bibit unggul," pungkasnya.

Baca juga : Bangkalan Bakal Jadi Daerah Penghasil Kedelai Dan Rumput Laut Terbesar

Sementara itu, warga Purworejo menyambut kedatangan Ganjar dengan gegap gempita. Ribuan orang memenuhi lokasi pembibitan demi menyambut putra Purworejo itu datang.

"Putra Purworejo pulang kampung. Selamat datang Pak Ganjar, sukses selalu. Sebentar lagi Purworejo mencatatkan sejarah dengan putranya menjadi presiden," teriak warga berebut menyalami Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.