Dark/Light Mode

Soal Bansos, Hasto Terus Nanduk

Minggu, 4 Februari 2024 07:25 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Istimewa)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Padahal jika melihat dari data milik Badan Pusat Statistik (BPS), lanjut Eko, inflasi Tanah Air pada awal Januari 2024 hanya di level 0,04%. Artinya, harga yang ada dipasaran relatif stabil. Sehingga tidak ada urgensi Pemerintah untuk melakukan percepatan pencairan BLT menjelang hari pemilu.

Terkait maraknya kecurigaan publik terhadap bansos, Jokowi menanggapinya dengan santai. Jokowi menegaskan, penyaluran bansos kepada masyarakat penerima manfaat merupakan salah satu langkah pemerintah dalam memitigasi kenaikan harga pangan yang terjadi di hampir semua negara.

Bansos tersebut antara lain berupa bantuan beras yang telah disalurkan kepada masyarakat sejak September 2023. “Ya itu yang pertama kita tahu ada kenaikan harga beras di seluruh negara, bukan hanya di Indonesia saja, pertama,” kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/2/2024)

Baca juga : Main Bola Bareng Kaesang, Hati Jokowi Ke PSI

Selain itu, bansos juga diberikan dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) untuk memperkuat daya beli masyarakat. Terutama masyarakat kurang mampu. Presiden menyebut bahwa fenomena iklim El Nino telah menyebabkan kekeringan panjang yang berimbas pada naiknya harga pangan dunia.

“BLT itu karena ada El Nino, kemarau panjang sehingga juga ini untuk memperkuat daya beli masyarakat sehingga diperlukan,” imbuhnya.

Kepala Negara juga menegaskan bahwa penyaluran bansos telah melewati mekanisme persetujuan di DPR. “Jadi jangan dipikir hanya keputusan kita sendiri. Tidak seperti itu dalam mekanisme kenegaraan kita, kepemerintahan kita tidak seperti itu,” tandasnya.

Baca juga : Pastikan Bansos Jalan Terus, Ganjar: Diatur Agar Tepat Sasaran

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga membantah ada politisasi bansos di tahun politik. Airlangga menepis bahwa bansos cuma disebar di kalender politik.

“Memang tiap tahun ada Pemilu? Tiap bulan ada Pemilu?” tegas Airlangga usai membagikan bantuan pangan beras di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (2/2/2024).

Ketua Umum Golkar itu menjelaskan pada dasarnya bansos yang dibagikan Pemerintah pada awal tahun ini merupakan kelanjutan dari program-program tahun sebelumnya. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. 

Baca juga : Ganjar Pastikan Bansos Lanjut Dan Tepat Sasaran

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 4 Februari 2024 dengan judul Soal Bansos, Hasto Terus Nanduk

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.