Dark/Light Mode

Janji Politik AMIN

Desa Bakalan Terima Alokasi Dana 5 Miliar

Jumat, 9 Februari 2024 07:00 WIB
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Abdul Muhaimin Iskandar berkampanye di Lapangan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Ist)
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, Abdul Muhaimin Iskandar berkampanye di Lapangan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Mantan Gubernur DKI Jakara itu menyeriusi wacana Daerah Otonomi Baru (DOB) di Jawa Barat.

"Jadi, kami tampung aspirasi itu. Dan dalam visi-misi kami, ada daerah otonomi baru. Itu nanti dibahas bersama pakar. Melihat kebutuhan, problem yang ada," kata Anies.

Baca juga : Kejagung Periksa Dua Pejabat Bea Cukai Dumai

Dikatakan, pembentukan DOB harus didasari dengan pertimbangan teknokratis, dan bukan pertimbangan politis.

"Misalnya ada perbedaan kekuatan di dalam sebuah kabupaten. Lalu perbedaan itu dilanggengkan dengan dipisahkan. Nah itu politis. Tapi kalau ada kawasan yang tidak bisa tertangani dengan baik, karena jarak jauh, karena infrastruktur, dibutuhkan daerah otonomi baru," katanya.

Baca juga : Lawan Dan Laporin Kekerasan Terhadap Anak-Perempuan

Menurutnya, di Jawa Barat ada beberapa daerah yang secara ukuran luas. Namun, kapasitas fiskal dan birokrasinya tidak setara. Misalnya, Garut dan Bogor.

"Sehingga rakyat yang tinggal jauh dari ibu kota (kabupaten) tidak bisa dapat layanan yang sama. Pendidikan beda, kesehatan beda, infrastruktur beda. Semata-mata karena beban yang ditanggung kabupaten itu besar. Salah satunya di Garut, dan Bogor,” ungkapnya.

Baca juga : Final Piala Asia: Qatar Vs Yordania, The Maroons Siap Ikuti Jejak Jepang

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 9/2/2024 dengan judul Janji Politik AMIN, Desa Bakalan Terima Alokasi Dana 5 Miliar      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.