Dark/Light Mode

Final Piala Asia: Qatar Vs Yordania, The Maroons Siap Ikuti Jejak Jepang

Jumat, 9 Februari 2024 06:50 WIB
Para pemain Timnas Qatar merayakan kemenangan bersama suporter usai lolos ke Final Piala Asia. (Foto: AFP/Karim Jaafar)
Para pemain Timnas Qatar merayakan kemenangan bersama suporter usai lolos ke Final Piala Asia. (Foto: AFP/Karim Jaafar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juara bertahan sekaligus tuan rumah Qatar berpeluang mengikuti jejak Timnas Jepang sebagai tim yang mampu mempertahankan gelar Piala Asia. Di final, The Maroons -julukan Qatar akan berjumpa tim kuda hitam Yordania di Stadion Lusail, Sabtu (10/2), besok.

Kepastian Qatar melaju ke final, setelah menang atas Iran 3-2 di babak semifinal Piala Asia 2024 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar.

Di laga tersebut, Iran lebih du­lu unggul berkat gol penyerang yang membela AS Roma, Sardar Azmoun, pada menit keempat. Qatar yang mendapat dukungan penuh penonton mampu mem­balikkan kedudukan lewat dua gol yang disumbangkan Jassem Gaber (menit ke-17’) dan Akram Afif (menit ke-43’).

Memasuki babak kedua, Iran mendapat tendangan penalti pada menit ke-51 yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Alireza Jahanbakhsh. Pemain pengganti, Almoez Ali, kemu­dian menjadi pahlawan keme­nangan Qatar dengan golnya pada menit ke-82.

Baca juga : InJourney Pede Dampak Ekonomi Lebih Nendang

“Saya sangat senang untuk semua orang, masyarakat Qatar, para penggemar dan para pe­main. Itu adalah pertandingan yang rumit, tetapi saya pikir kami bermain dengan baik,” kata pelatih Qatar, Bartolome Marquez Lopez, usai pertand­ingan.

Menurut Lopez, para pemain menerapkan filosofi dan ide-ide yang diberikannya. “Jadi mer­eka layak mendapatkan ucapan terima kasih. Sekarang kami memiliki satu langkah terakhir untuk mempertahankan gelar juara,” ucap juru taktik asal Spanyol tersebut.

Lopez mengatakan strategi permainannya yaitu menyerang dengan menempatkan pemain-pemain cepat seperti Homam Ahmed, Yusuf Abdurisag, Akram Afif dan Almoez Ali sukses menghancurkan pertah­anan Iran.

“Kami mencoba bermain dengan kecepatan tinggi dalam menyerang. Kami menempatkan empat pemain di lini serang yang kami tahu cepat,” kata Lopez, melansir dari AFC, Kamis.

Baca juga : 1.250 Industri Dipatok Miliki Sertifikat Halal

“Kami mencoba mencari ru­ang di belakang pertahanan Iran. Kami sempat sukses dan keberuntungan menyertai kami hari ini. Kami akan merayakan kemenangan ini hari ini dan besok kami akan mulai mem­persiapkan pertandingan final,” lanjutnya.

Atas kemenangan ini sukses membawa Qatar bermain di partai puncak Piala Asia dua kali berturut-turut setelah edisi juara mereka pada 2019. Selanjutnya, Qatar bertemu dengan tim yang pertama kali menginjakkan kaki ke final, Yordania.

Yordania lebih dulu lolos ke babak final pada Selasa (6/1). Yordania berhasil menapak ke babak final setelah men­galahkan tim yang difavoritkan juara, Korea Selatan 2-0. Kedua gol tersebut dicetak Yazan Al Naimat dan Mousa Al Taamari.

Yordania belum pernah jadi juara Piala Asia dalam sejarah mereka. Capaian final di Piala Asia 2023 ini juga merupakan torehan terbaik yang pernah mer­eka lakukan. Karena itu mereka tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menorehkan gelar juara.

Baca juga : Arab Saudi Ogah Buka Hubungan Dengan Israel

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 9 Februari 2024 dengan judul Final Piala Asia: Qatar Vs Yordania, The Maroons Siap Ikuti Jejak Jepang

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.