Dark/Light Mode

Kampanye Akbar Di JIS

Anies: Hati Mana Yang Tak Bergetar Melihat Jutaan Manusia Seperti Ini

Sabtu, 10 Februari 2024 16:57 WIB
Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di tengah kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024). (Foto: Tedy Kroen/RM)
Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di tengah kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024). (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres 01 Anies Baswedan mengaku bergetar melihat massa yang membludak dalam kampanye akbar bertema Kumpul Akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024). "Hati mana yang tidak bergetar menyaksikan jutaan manusia seperti ini," ungkap Anies.

Kumpul akbar ini dihadiri ratusan ribu peserta dari seluruh wilayah Tanah Air. Pantauan RM.id, massa memadati jalan di sekitar JIS.

Jalanan pun menjadi area parkir kendaraan dadakan. Baik untuk speeds motor, mobil, dan bus. Tempat parkir yang semestinya, sudah tak bisa lagi diakses, karena sudah sangat penuh.

Anies dan Cak Imin kompak memakai kemeja putih dan celana bahan hitam. Mereka tidak datang bersama-sama. Keduanya berjalan kaki lebih jauh, karena kendaraannya tak bisa menembus lautan manusia hingga ke lobby VVIP.

Baca juga : Kampanye Solo Dipadati Massa, Ganjar: Bukti Kekuatan Nurani Rakyat

Cak Imin datang lebih awal. Tepat pukul 08.29 WIB, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini tiba di lobby VVIP. Dia ditemani istri dan ketiga putrinya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Wakil Ketua Umum DPP PKB Hanif Dhakiri terpantau ikut rombongan Cak Imin.

Sementara Anies datang pukul 08.55 WIB. Begitu tiba di lobby VVIP, Anies langsung masuk lift.

Dalam pidatonya, Anies mengungkap alasan memilih JIS sebagai lokasi kampanye akbarnya.

Baca juga : Kampanye Di Garut, Anies Pastikan Bansos Tak Dihentikan, Justru Ditambah

 "JIS dipilih karena tempat ini adalah mahakarya oleh seluruh keringat anak Indonesia, yang dilahirkan oleh ibu Indonesia dan dididik oleh Ibu Indonesia dan ini mempesona dunia," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga membacakan tulisan yang terpampang di berbagai spanduk peserta kampanye. Salah satunya bertuliskan: "Ora butuh duitmu, butuhnya kepemimpinanmu".

"Ini yang unik. Karena poster ini tidak didanai dari pusat. Namun dibiayai sendiri. Sehingga berbeda-beda. Tujuannya adalah perubahan," ujar Anies, disambut tepuk tangan hadirin.

"Semua yang terlibat di sini adalah aktor-aktor perubahan kampanye di Indonesia. Saudara-saudara sekalian bukan penonton, saudara adalah penggerak perubahan," tegas Anies.

Baca juga : Hadiri Kampanye Akbar Di Banyuwangi, Puan Ajak Rakyat Menangkan Ganjar-Mahfud

Sementara  Cak Imin, mengawali sambutannya dengan membaca Al-Qur'an Surat Ad-Dhukon Ayat 51. Setelah itu, Cak Imin melantunkan sholawat Yaa Rasulullah.

Namun uniknya, Cak Imin menambahkan lirik jenaka. Dia mengganti menjadi sebuah sindirian politik dinasti.

Cak Imin pun meminta kepada masyarakat, untuk aktif mengawasi jalannya Pemilu 2024. Dia meminta peserta kampanye, agar tak ragu melapor jika ada kecurangan.

"Jadi kalau ada yang curang, kita harus gimana? Kita Slepet" cetus Cak Imin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.