Dark/Light Mode

Kampanye AMIN Di JIS Pecah, Ahmad Ali: Bangkitnya Partisipasi Publik

Sabtu, 10 Februari 2024 21:59 WIB
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali/Ist
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Hadirnya figur Anies Baswedan sukses membawa fenomena baru selama Pilpres 2024 dengan munculnya partisipasi publik yang nyata. Kampanye Akbar yang dipenuhi lautan massa di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024) menjadi puncak partisipasi publik tersebut.

Demikian ditekankan Wakil Ketua Umum Partai NasDem yang juga Pelatih Kepala Timnas AMIN Ahmad Ali dalam keterangannya, Sabtu (10/2/2024). Menurutnya Anies sukses melakukan perubahan dari politik mobilisasi ke politik partisipasi.

"Kalau mengisi stadion itu hal yang mudah bagi orang berduit, tapi menggerakkan orang hadir dengan partisipasi itu hal yang luar biasa. Tidak mungkin bisa dikerjakan orang-orang yang tidak diharapkan oleh masyarakat," kata Ahmad Ali.

Partisipasi publik itu, lanjut dia, lahir ketika calon pemimpin yang disodorkan kepada masyarakat adalah yang mampu menjadi harapan masyarakat. Hal itu pula yang  bergulir menjadi fenomena luar biasa di Pilpres 2024 kali ini.

Baca juga : Anies: Hati Mana Yang Tak Bergetar Melihat Jutaan Manusia Seperti Ini

Embrio partisipasi publik tersebut mulai mengalir pasca Anies dideklarasikan NasDem pada medio akhir tahun 2022. Anies kemudian turun ke berbagai penjuru Tanah Air melalui dialog-dialog partisipatif dengan masyarakat yang dikemas, antara lain Desak Anies.

Bahkan hingga final chapter-nya Desak Anies, kata dia, semakin mendapat tempat di hati masyarakat yang hadir dengan penuh suka cita tanpa mobilisasi ataupun bayaran. 

Ahmad Ali pun menegaskan bahwa masyarakat Indonesia yang selama ini mungkin oleh sejumlah pihak dianggap pragmatis, ternyata telah terbukti tidak seperti itu.

Dia pun berpesan ke depan partai politik dapat terus memperhatikan aspek kepentingan masyarakat dalam mencalonkan pemimpin, sehingga partisipasi itu bisa terus diwujudkan.

Baca juga : Kampanye Hampir Selesai, Ganjar: Saatnya Rakyat Menilai

Lebih lanjut, Ahmad Ali yang kerap mendampingi Anies dalam safari politiknya selalu merasakan adanya kerinduan yang begitu mendalam untuk bertemu dan mendengarkan gagasan-gagasan yang dibawa Anies, sekaligus menitipkan harapannya kepada duet AMIN.

"Nampak terlihat ketika setiap kunjungan Anies Baswedan tidak pernah dilakukan mobilisasi, selalu partisipasi masyarakat, selalu ada kerinduan masyarakat ketika Anies hadir di tempat tersebut," ujarnya.

Ahmad Ali yang juga Caleg DPR Partai NasDem Dapil DKI I (Jakarta Timur) nomor urut 1 itu pun menangkap adanya akumulasi kerinduan masyarakat dalam skala yang lebih besar. Ini dibuktikan dengan hadirnya lautan massa dalam kampanye akbar AMIN di JIS.

"Artinya, beberapa bulan perjalanan itu sudah terjadi beberapa eskalasi kerinduan masyarakat. Tapi yang tadi itu puncak dari  masyarakat menitipkan harapannya," kata dia.

Baca juga : Kampanye Akbar Di Tuban, Kaesang: Coblos Lambene Mas Gibran

Peristiwa suksesnya kampanye AMIN di JIS itu, lanjut dia, sekaligus mengirimkan pesan jelas kepada pemerintah agar mampu menjadi penyelenggara yang adil untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Menurutnya, hal itu murni partisipasi masyarakat. Kehadiran mereka bukan sekadar hadir melihat Anies atau mendengarkan orasi Anies, tetapi mengirimkan pesan.

“Pemerintah atau siapapun penyelenggara negara harus berlaku adil untuk semuanya. Kalau tidak, potensi terjadinya gejolak sangat besar," tutup dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.