Dark/Light Mode

Data Riset Analitika: Prabowo-Gibran 54,6 Persen, Berpotensi Menang Satu Putaran

Sabtu, 10 Februari 2024 10:44 WIB
Prabowo-Gibran kampanye terbuka di GBK Senayan. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Prabowo-Gibran kampanye terbuka di GBK Senayan. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahapan kampanye menuju puncak gelaran Pemilu 2024 bakal segera berakhir. Semakin mendekati hari pencoblosan, kecenderungan mengarah pada berlangsungnya Pilpres dalam satu putaran semakin menguat.

Temuan survei Data Riset Analitika menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran semakin kokoh di atas 50 persen, mencapai 54,6 persen. Artinya, Prabowo-Gibran diperkirakan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja.

Upaya dua pasangan capres-cawapres lain untuk mendorong kelanjutan kontestasi pada putaran berikutnya tampaknya juga bakal terhenti pada 14 Februari 2024 nanti. Anies-Muhaimin hanya meraih elektabilitas 22,1 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud 17,3 persen.

Baca juga : Survei TBRC: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,4 Persen, Peluang Pilpres Satu Putaran

“Elektabilitas Prabowo-Gibran makin kokoh sebesar 54,6 persen. diprediksi memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran,” ungkap Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina di Jakarta pada Sabtu (10/2/2024). Sisanya 6,1 menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Menurut Nana, pasangan nomor urut 02 tersebut mampu mempertahankan keunggulan posisinya dalam tiga bulan terakhir.

“Semula Prabowo-Gibran masih tertinggal dari Ganjar-Mahfud pada survei yang dilakukan bulan Oktober 2023 lalu,” jelas Nana.

Baca juga : Hasil Survei Relawan, Ganjar-Mahfud Diprediksi Menang Satu Putaran

Pada saat awal pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum, pasangan Ganjar-Mahfud masih memimpin dengan elektabilitas 37,1 persen, unggul tipis dari Prabowo-Gibran yang hanya sebesar 35,3 persen.

Tetapi kemudian terjadi lonjakan elektabilitas Prabowo-Gibran hingga berhasil menyalip, dengan meraih elektabilitas 45,5 persen pada Desember 2023. Keunggulan Prabowo-Gibran makin tak terbendung dengan menembus hingga 51,7 persen pada Januari 2024.

Kemenangan Prabowo-Gibran juga memastikan kuatnya arah keberlanjutan bagi program-program Jokowi.

Baca juga : Airlangga Instruksikan Kader Golkar menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Survei Data Riset Analitika dilakukan pada 1-7 Februari 2024, secara tatap muka kepada 1200 responden mewakili 38 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.