Dark/Light Mode

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Pencoblos Pertama di TPS 002 Tanjungpinang

Rabu, 14 Februari 2024 09:44 WIB
Gubernur Kepulauan Riau Kepri, Ansar Ahmad (kanan) menjadi pencoblos pertama Pemilu 2024 di TPS 002, Kelurahan Melayu Kota Piring, Kota Tanjungpinang, Rabu pagi (14/2/2024). (Foto: Antara)
Gubernur Kepulauan Riau Kepri, Ansar Ahmad (kanan) menjadi pencoblos pertama Pemilu 2024 di TPS 002, Kelurahan Melayu Kota Piring, Kota Tanjungpinang, Rabu pagi (14/2/2024). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menjadi pencoblos pertama Pemilu 2024 di TPS 002, Jalan DI Pandjaitan, Kelurahan Melayu Kota Piring, Kota Tanjungpinang, Rabu pagi (14/2/2024).

Tiba di lokasi pukul 07.30 WIB, Ansar mengenakan baju batik kuning bermotif bunga. Ia didampingi istri, anak dan seorang menantunya.

Di depan pintu masuk TPS, Ansar langsung menyodorkan KTP kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sejak awal menyambut kedatangannya dengan bersalaman.

Baca juga : Waspada, 2.841 TPS Rawan Kebanjiran Nih

Setelah itu, Ansar sekeluarga mengisi daftar hadir di meja KPPS, lalu diarahkan duduk di kursi sambil menunggu dipanggil untuk mencoblos.

Tak lama, nama keempatnya pun dipanggil KPPS menuju bilik suara sambil membawa 5 jenis surat suara, yaitu Calon DPRD Kota Tanjungpinang, DPRD Provinsi Kepri, DPD RI, DPR RI, dan Presiden/Wakil Presiden RI.

Setelah mencoblos, Ansar dan keluarga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara, selanjutnya menyelupkan jari kelingking dengan tinta sebagai penanda sudah mencoblos.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Tanam Sakura Bersama Putri Takamado

"Alhamdulillah. Pagi ini, saya dan keluarga sudah datang memilih di TPS," kata Ansar usai mencoblos seperti dilansir Antara, Rabu (12/2/2024).

Ansar mengaku sengaja datang lebih awal TPS untuk memberi teladan pada masyarakat, bahwa menggunakan hak suara di Pemilu merupakan salah satu kewajiban warga negara.

Ia mengimbau seluruh masyarakat bisa hadir memilih di TPS, apalagi kondisi cuaca cerah dan mendukung. Masyarakat diminta mencoblos dulu, baru melakukan aktivitas lainnya, seperti liburan.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Minta Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu

"Dengan datang mencoblos ke TPS, berarti masyarakat ikut mensukseskan pesta demokrasi sekaligus menentukan nasib bangsa ini selama beberapa tahun ke depan," ujar Ansar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.