Dark/Light Mode

Hujan Deras Diprediksi Saat Hari Pencoblosan

Waspada, 2.841 TPS Rawan Kebanjiran Nih

Minggu, 11 Februari 2024 06:55 WIB
Debuti Bidang Meteorologi BMKG Guswanto. (Foto: Istimewa)
Debuti Bidang Meteorologi BMKG Guswanto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan deras berpotensi terjadi pada 13-15 Februari 2024, bertepatan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Debuti Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, berdasarkan hasil analisa cuaca, diketahui pada periode itu curah hujan tinggi rata-rata berkisar 150 milimeter (mm)-300 mm, bahkan berpotensi lebih dari itu.

“Saat periode tersebut di­prakirakan kondisi cuaca cu­kup dinamis, sehingga perlu menjadi perhatian untuk warga masyarakat,” kata Guswanto dalam keterangannya Kamis (8/2/2024).

Baca juga : AC Milan Vs Napoli, Rossoneri Makin Percaya Diri

Guswanto mengatakan, fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat me­micu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia tersebut dise­babkan beberapa faktor, yakni aktivitas Monsun Asia yang mempengaruhi wilayah potensi pembentukan hujan di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Selatan.

“Masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah dan timur turut memicu pembentukan awan hujan,” ujarnya.

Selain itu, terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Selatan termasuk Sumatera, Jawa dan Kalimantan sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

Baca juga : Golkar Jakarta Bidik 14 Kursi Kebon Sirih

Berdasarkan kondisi tersebut, perlu diwaspadai untuk potensi hujan sedang-lebat di sejumlah wilayah, salah satunya Jakarta.

Dia menyebut, kondisi cuaca pada saat Pemilu umumnya be­rawan pada pagi-siang.

“Terdapat potensi hujan ringan di wilayah Jabodetabek saat siang menjelang sore hari,” ucapnya.

Baca juga : Laga Basket NBA, Lakers Hempaskan Pelicans

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Israyani meminta seluruh perangkat daerah bersinergi menyiapkan upaya mitigasi agar pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung lancar. Salah satunya, potensi terjadinya banjir.

“Karena ini satu momentum yang menentukan nasib bangsa ke depan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus segera melakukan mitigasi. Misalnya, menyiapkan tempat relokasi. Sudah harus disiapkan. Harus ada alternatif,” kata Israyani di Gedung DPRD DKI, Rabu (7/2/2024).

Menurut Israyani, sinergi bukan hanya pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi mitra di Komisi A. Namun,d ia juga meminta agar Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta yang bermitra deng­an Komisi D membersihkan saluran air agar tidak terjadi genangan saat hujan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.