Dark/Light Mode

Pilpres Sudah Selesai, Waktunya Bersatu Lagi

Kamis, 15 Februari 2024 08:00 WIB
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara KPPS melakukan penghitungan surat suara Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan di Tempat Pemungutan Suara TPS 042 Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu 14/2/2024. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara KPPS melakukan penghitungan surat suara Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan di Tempat Pemungutan Suara TPS 042 Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu 14/2/2024. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Terkait hasil Pemilu nanti, menurut Sultan, harus ada kemauan dari ketiga capres-cawapres untuk menghargai pilihan rakyat.

Ulama kharismatik asal Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus berharap pemimpin yang terpilih pada Pemilu 2024 kali ini merupakan pemimpin yang mampu mengayomi semua kepentingan rakyat. Dia bilang, seorang pemimpin harus mengerti rakyatnya dan bersikap jujur, amanah dan bertanggung jawab.

“Saya berdoa supaya dapat pemimpin yang baik, yang dipilih oleh Allah. Kemarin saya doanya supaya kita jangan diberi penguasa yang tidak takut pada Tuhan dan tidak punya belas kasihan terhadap rakyat. Itu doa saya,” ungkap Gus Mus setelah nyoblos di TPS 001 Kelurahan Leteh, Rembang, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2024).

Baca juga : Pemungutan Suara Di Malaysia Diulang

Tak lupa dia berharap setelah gelaran pemilu beres, semua masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa. Sehingga tidak ada lagi perbedaan pilihan dan pendapat tentang masing-masing Capres-Cawapres yang dijagokannya dalam Pilpres.

Menurutnya, masyarakat Indonesia telah cerdas dalam menjalankan sistem negara demokrasi. Sehingga, semua pergesekan yang terjadi dalam pemilu harus segera berlalu.

“Pemilu kan sudah rutin tiap lima tahun sekali. Selesai Pemilu ya sudah, balik lagi ke kehidupan biasa. Tinggal tunggu hasilnya. Kita kan sudah lama berdemokrasi,” pungkasnya.

Baca juga : AC Milan Vs Rennes, Rossoneri Ogah Kecolongan

Di dunia maya, warganet juga rame-rame menyuarakan persatuan. Seruan datang dari pejabat publik, politisi hingga rakyat biasa. Salah satu yang menyerukan persatuan adalah Stafsus Menteri BUMN Erick Thohir, Tsamara Amany. Lewat akun X @TsamaraDKI, dia berharap tidak ada lagi aksi saling serang karena pemilu telah usai.

“Sudah, tidak perlu lagi saling ejek atau saling marah. Ini waktunya saling merangkul, berteman dan bersaudara selamanya,” cuitnya. “Kemenangan untuk Indonesia,” sahut @dAsalbantani. “Betul,” timpal @Arnda10_. “Oke ayang. Terimakasih sudah menjadi TKN 02, walau diserang koalisi kanan kiri,” goda @Ikhfanfjr_.

Netizen lain ikut menyuarakan persatuan dan kesatuan Indonesia setelah Pilpres berakhir. “Yuk, kita bersatu lagi. Pilpres selesai. Masalah Indonesia banyak, harus diselesaikan bersama,” pinta @benysaputra.

Baca juga : Pesan Bek Andrea Cambiaso: Si Nyonya Tua Jangan Panik!

“Kita sudah mengikuti dan berpartisipasi dalam Pemilu khususnya Pilpres. Apapun hasilnya, ini adalah kemenangan rakyat Indonesia. Saatnya bersatu kembali bersama-sama membangun Indonesia ke depan yang lebih baik lagi,” kicau @rikardobonar.

“Ok guys Pilpres sudah selesai, ayo bersatu lagi untuk Indonesia Maju, lawan intoleransi dan diskriminasi,” kata @fredman02.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 15 Februari 2024 dengan judul Pilpres Sudah Selesai, Waktunya Bersatu Lagi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.