Dark/Light Mode

1 Atau 2 Putaran Ditentukan Besok, Anies-Prabowo-Ganjar Harap-harap Cemas

Selasa, 13 Februari 2024 08:54 WIB
Tiga pasangan Capres-Cawapres usai debat Capres terakhir, di JCC, Jakarta, Minggu (4/2). (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Tiga pasangan Capres-Cawapres usai debat Capres terakhir, di JCC, Jakarta, Minggu (4/2). (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu Pilpres 1 putaran atau 2 putaran yang bikin bising selama beberapa bulan ini, akan ditentukan nasibnya besok. Ketiga Capres: Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, pasti juga dilanda H2C alias harap-harap cemas, menanti hasil akhir perolehan suaranya.

Dalam Pemilu 2024, sebanyak 204.807.222 pemilih punya hak untuk mencoblos pilihan mereka. Pilpres bisa berlangsung satu putaran jika ada salah satu pasangan calon yang mendapatkan suara paling sedikit 50 persen plus 1, dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Artinya, 50 persen plus 1 saja tidak cukup. Untuk bisa satu putaran, pasangan calon tersebut harus mampu menang di lebih dari setengah provinsi Indonesia, alias minimal 20 dari 38 provinsi. Kemudian, pasangan calon tersebut juga harus meraih suara minimal 20 persen suara di setengah provinsi.

Dalam survei-survei yang dirilis sebelum masa tenang, Prabowo unggul atas lawan-lawannya, dengan perolehan lebih dari 50 persen. Anies di urutan kedua, dengan perolehan di atas 20 persen. Sedangkan Ganjar di urutan ketiga, dengan perolehan di bawah 20 persen.

Baca juga : Urus Beras, Istana Gercep

Dengan kondisi ini, Prabowo sangat yakin bisa memenangkan Pilpres ini dengan satu putaran saja. Saat diwawancari Al Jazeera, di sela Kampanye Akbar di Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (10/2/2024), Capres nomor urut 02 ini menyatakan, hasil survei selama ini sesuai dengan kondisi dukungan terhadapnya di lapangan.

“Anda juga melihat antusiasme masyarakat grassroots, semua angka menunjukkan bahwa kami akan maju satu putaran. Melihat semangat pendukung saya di mana pun, saya pikir mereka merasa bahwa tim kami adalah harapan nyata bagi mereka,” ucapnya, ketika itu.

Sedangkan Anies dan Ganjar, tak kehilangan harapan. Keduanya tetap percaya, Pilpres akan berlangsung dua putaran.

Menurut Anies, Pilpres satu putaran hanya penggiringan opini. Capres nomor urut 01 ini pede, rakyat tak akan terpengaruh dengan penggiringan opini tersebut dan dirinya masuk ke putaran kedua.

Baca juga : Sri Mul Ngibrit Tak Mau Diwawancara

"Penggiringan opini satu putaran, saya rasa rakyat akan menghadapi dengan hati nurani," ucapnya, usai menghadiri kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024).

Ganjar berkeyakinan sama dengan Anies. Bedanya, Capres nomor urut 03 ini, pede dirinya yang akan lolos ke putaran kedua. "Insya Allah ya (lolos putaran kedua)," kata Ganjar, seusai kampanye akbar bertajuk 'Hajatan Rakyat' di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (8/2/2024).

Menurut Ganjar, kondisi riil di lapangan terkadang berbeda dengan hasil survei. "Maka saya katakan antara konseptual hasil polling sampai dengan realitas atau kondisi sosiologis, ya seperti ini (massa banyak) yang dilihat, luar biasa," ujarnya.

Melihat kondisi ini, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menduga, para Capres itu sedangkan H2C. Meski masing-masing telah menyatakan keyakinan dan menunjukkan rasa pede, Agung menduga, perasaan waswas dari para Capres pasti ada.

Baca juga : Benny Ramdhani Bantah Arahkan TKI Dukung Salah Satu Capres

Kata Agung, kontestasi Pilpres sama seperti final dalam sebuah pertandingan besar. Bahkan, tekanan ke mentalnya jauh lebih besar. Maka, orang-orang yang terlihat di dalamnya pasti merasa grogi saat masuk detik-detik terakhir. "Otomatis harap-harap cemas," ucap Agung, kepada Rakyat Merdeka, Senin (12/2/2024).

Agung melanjutkan, dalam survei-survei selama ini, angka swing voters dan undecided voters masih cukup tinggi. Bagi kubu yang tertinggal, undecided voters menjadi harapan “penyambung nyawa”. Bagi kubu yang unggul, waswas undecided voters ini bisa mengubah peta.

"Di titik inilah, swing voters dan undecided voters yang selama ini terangkum dalam wujud pemilih rasional menentukan bagaimana hasil Pilpres kita. Apakah satu atau dua putaran?" sebut Agung.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (13/2), dengan judul “1 Atau 2 Putaran Ditentukan Besok, Anies-Prabowo-Ganjar Harap-harap Cemas”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.