Dark/Light Mode

Kalau Jadi Dibentuk, Hak Angket Akan Soroti Suara PSI

Selasa, 5 Maret 2024 08:00 WIB
Ketua DPP PPP, Muhammad Romahurmuziy saat menjadi narasumber podcast ngegas di Rakyat Merdeka Jakarta, Rabu (1/11/2023). (Foto: Zia Husnul Labib/Magang RM)
Ketua DPP PPP, Muhammad Romahurmuziy saat menjadi narasumber podcast ngegas di Rakyat Merdeka Jakarta, Rabu (1/11/2023). (Foto: Zia Husnul Labib/Magang RM)

 Sebelumnya 
Kecurangan Pemilu itu kan bisa di eksekutif dan legislatif, semua tinggal dibuka saja dalam pansus hak angket. Jadi, bukan cuma suara PSI saja,” ucap politisi parpol pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar itu.

Lagipula, tambah Hidayat, lonjakan suara PSI sudah menjadi konsumsi publik. Maka itu, hak angket bisa menjadi salah satu cara untuk membuktikan adanya dugaan penggelembungan suara yang didapati PSI.

“Masa nggak ada yang tahu bagaimana kemudian dari pertama hingga keempat nggak ada pelonjakan tiba-tiba dua hari ke belakang terjadi pelonjakan, nah itu bagian dari yang sudah disaksikan publik,” sebut politisi yang akrab disapa HNW itu.

Baca juga : Ambang Batas Parlemen 4 Persen,Turunin Apa Hapus Sekalian?

“Sekali lagi bukan PSI-nya, tapi kecurangan Pemilunya. Terjadi dengan apa, siapa eksekutif maupun legislatif bisa ditanyakan oleh hak angket,” tutup dia.

Apa tanggapan PSI? Juru Bicara PSI, Sigit Widodo menganggap langkah PPP tidak masuk akal. Sigit menyarankan agar PPP melapor ke Bawaslu jika ada kecurangan dalam perhitungan suara. “PPP bisa melaporkan ke Bawaslu di tiap tingkatan perhitungan, apalagi PPP seharusnya punya saksi pada tiap tahapan,” tukas Sigit kepada Rakyat Merdeka, Senin (4/3/2024).

Namun, jika PPP merasa perlu menginisiasi hak angket untuk menyelidiki Pileg, PSI mempersilakan. “DPR memiliki hak angket untuk melaksanakan fungsi pengawasan. Jadi, silakan saja meskipun menurut saya tidak ada dasar yang kuat,” pungkas dia.

Baca juga : Harga Beras Mahal Bikin Kantong Jebol

Di dunia maya, sejumlah warganet ikut mendukung hak angket untuk soroti suara PSI. “Harus terang-benderang. Jangan ada dusta diantara kita. Harus adil untuk untuk semua,” tulis @Ofilsafat. “Usut tuntas biar transparan.. biar publik tahu,” timpal @EB97280734.

“Kasian parpol-parpol keok tambah sutris,” ledek @CongTimbang. “PSI partai sulap suara Indonesia,” kompor @TholekG. “Jangan sebut partai anti korupsi, kalau suara saja bisa nyolong,” sindir @Busrah52946787.

Namun, ada juga yang menyindir kalau itu cuma ancaman doang. “Well, semoga nggak cuma kuat rencana doang,” harap @theDadthones. “Harusnya semua partai juga di-up perolehan suaranya jadi terlihat normal saja itu,” sebut @fauzyeka84.

Baca juga : Bayern Munchen Vs Lazio, Lolos Harga Mati

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 5 Maret 2024 dengan judul Kalau Jadi Dibentuk, Hak Angket Akan Soroti Suara PSI

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.