Dark/Light Mode

Calon Wali Kota Bogor Sendi Fardiansyah Janji Naikkan Tunjangan Guru

Sabtu, 6 April 2024 16:20 WIB
Calon Walikota Bogor Sendi Fardiansyah. (Foto: Instagram/@sendi.fardiansyah)
Calon Walikota Bogor Sendi Fardiansyah. (Foto: Instagram/@sendi.fardiansyah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wali Kota Bogor, Sendi Fardiansyah berjanji akan menaikkan tunjangan guru dan anggaran sekolah di Kota Bogor. Ia mengaku prihatin dengan kondisi guru di Kota Bogor yang masih menerima tunjangan rendah di berbagai jenjang jabatan. Menurut dia, fakta di lapangan menunjukkan tunjangan guru masih terbilang minim untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saat ini tunjangan guru di Kota Bogor hanya Rp 296.000 per bulan. Baik Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), maupun honorer. Dengan jumlah sebesar ini, kita sering lihat guru yang paginya mengajar lalu dilanjut dengan ngojek di sore hari atau kegiatan lain supaya dapat menambah pendapatan,” kata Sendi di sela-sela acara silaturahmi dan buka puasa bersama rekan-rekan media di Kota Bogor, Jumat (5/4/2024).

Baca juga : Sendi Fardiansyah Rangkul Ormas Gelar Lomba Pemahaman Al-Quran

Sendi Fardiansyah yang juga Sespri Ibu Iriana ini berjanji akan menaikkan tunjangan untuk meningkatkan kesejahteraan guru di Kota Bogor jika dipercaya memimpin Bogor. 

"Saya ingin ke depan tunjangan guru kita naikkan dari Rp 296.000 menjadi Rp 1.000.000 per bulan. Termasuk juga tunjangan untuk kepala sekolah karena selama ini tidak ada tunjangan khusus untuk kepala sekolah. Padahal, dari segi beban kerja Kepala Sekolah dan guru biasa itu berbeda," lanjutnya.

Baca juga : Sendi Fardiansyah Ajak Istri Sahur Di Rumah Warga Kurang Mampu

Selain soal tunjangan guru, Sendi juga menyoroti perihal pemeliharaan aset dan biaya operasional sekolah, yang dirasa masih perlu ditingkatkan.

"Untuk sekolah kita juga anggarkan sebesar Rp 100.000.000 per tahun untuk pemeliharaan. Mudah-mudahan tidak ada lagi SD, SMP atau SMA di Kota Bogor yang atapnya masih bocor, dindingnya retak dan semacamnya," ucap Sendi.

Baca juga : Sespri Iriana Pilih Jalur Partai Politik

Menurutnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) juga harus menyasar sekolah swasta agar biayanya lebih murah, dan biaya operasional guru berjalan lancar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.