Dark/Light Mode

Juara Tenis Grand Slam French Open 2024

Alcaraz Samai Tiga Legenda

Selasa, 11 Juni 2024 06:30 WIB
Carlos Alcaraz. (Foto: Peter Staples/ATP Tour)
Carlos Alcaraz. (Foto: Peter Staples/ATP Tour)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petenis putra Carlos Alcaraz, suskes melengkapi koleksi gelar juara Grand Slam di berbagai jenis lapangan setelah juara Grand Slam French Open 2024 akhir pekan lalu. Kini, dia sudah sejajar dengan tiga legenda tenis dunia seperti Novak Djokovic, Rafael Nadal, hingga Roger Federer.

Petenis Spanyol itu sukses memenangkan French Open yang digelar di lapangan tanah liat, usai mengalahkan petenis Jerman Alexander Zverev. Alcaraz bang­kit dari ketertinggalan untuk menang 6-3, 2-6, 5-7, 6-1, 6-2 dalam laga di Stadion Philippe Chatrier, Roland Garros, Minggu (9/6/2024) malam.

Itu jadi gelar Grand Slam ketiganya, sekaligus melengkapi kesuksesannya di berbagai jenis lapangan. Sebelumnya, pada 2023, dia memenangankan Grand Slam Wimbledon yang digelar di lapangan rumput, dan menjuarai Amerika Serikat (US) Open yang digelar di lapangan keras pada 2022.

Di usianya masih 21 tahun, Alcaraz jadi petenis termuda yang meraih gelar Grand Slam di tiga permukaan yang ber­beda. Dengan telah pensiunnya Federer, Nadal dan Djokovic yang sedang berada di fase akhir karier tenis, membuat Alcaraz diperkirakan mendominasi tenis untuk beberapa tahun ke depan.

Peluang Alcaraz untuk me­nyamai rekor Nadal dengan 14 gelar French Open, Atau koleksi 24 gelar Grand Slam milik Djokovic, masih sangat lebar. Tapi, Alcaraz memilih merendah. Kata dia, apa yang dilakukan Nadal dan Djokovic di luar kebiasaan. Dia berkela­kar, harus jadi alien untuk bisa menyamai mereka.

Baca juga : Terdakwa Dihukum Bayar Uang Pengganti Rp 127 M

“Apa yang dilakukan Nadal den­gan 14 gelar Roland Garros bisa dibilang mustahil. Lalu, 24 Grand Slam yang saya harap bisa, tapi itu hampir mustahil,” kata Alcaraz, dilansir Kantor Berita Agence France Presse, kemarin.

Sebelum partai final melawan Zverev, pelatihnya, Juan Carlos Ferrero, mengatakan kepadanya, untuk berjuang meraih gelar Grand Slam ketiganya. Terlebih dengan semua hal yang telah dilaluinya dalam karir tenis profesionalnya yang terbilang masih pendek.

“Kemenangan ini sulit diper­caya. Saat ini saya tidak bisa memikirkannya,” katanya.

Alcaraz selanjutnya akan mengalihkan perhatiannya ke musim lapangan rumput. Dia akan berupaya mempertahankan gelar Wimbledon-nya. Di saat yang sama, dia juga bertekad untuk kembali ke Roland Garros bulan depan, untuk Olimpiade Paris. Di mana dia diperkirakan akan ber­main bersama Nadal yang berusia 38 tahun di nomor ganda.

Katanya, saat kembali ke Roland Garros untuk Olimpiade, dia akan teringat kilas balik. “Ini bisa sangat menyenangkan, Olimpiade pertama saya 40 hari setelah memenangi Roland Garros pertama saya,” kata juara Indian Wells 2024 itu.

Baca juga : Selesai Rehab,Rame Digibahin Netizen +62

Dia mengaku sangat ingin ber­juang untuk memberikan medali kepada negaranya. Apalagi, dia akan berjuang di nomor ganda bersama idolanya.

Sepanjang kariernya, pemain yang kini berperingkat tiga dunia itu, telah memenangi tiga ge­lar Grand Slam, lima turnamen Masters 1000 dan menjadi petenis peringkat satu dunia termuda. Namun, menurutnya, kemenan­gan di Grand Slam French Open adalah momen paling membang­gakan baginya sejauh ini.

Dia bilang, adalah sesuatu yang luar biasa mengetahui daf­tar petenis Spanyol yang telah memenangi turnamen tersebut dan terdapat namanya. Sesuatu yang selalu jadi impiannya.

“Impian saya sejak mulai ber­main tenis, saat berusia lima atau enam tahun. Jadi itu adalah per­asaan yang luar biasa,” katanya.

Kilas balik ke beberapa pekan sebelum jadi juara di Roland Garros, Alcaraz sebenarnya tidak dalam kondisi fit, setelah mengalami cedera lengan kanan menjelang turnamen. Dia bahkan absen di beberapa turnamen pemanasan, seperti Monte Carlo Masters dan Roma Open. Dia juga kalah pada perempatfinal Madrid Open dari Andrey Rublev.

Baca juga : Soal Konsensi Tambang, Muhammadiyah Masih Istikharah

Mengetahui semua yang di­laluinya sebulan terakhir, den­gan cedera dan sebagainya, kata Alcaraz, ini jadi momen yang sangat membanggakan. Karena, semua yang telah dilakukannya sebulan terakhir hanya untuk bersiap menghadapi turnamen ini.

“Menurut saya, ini adalah hal paling saya banggakan pada diri saya sendiri,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 11 Juni 2024 dengan judul Juara Tenis Grand Slam French Open 2024, Alcaraz Samai Tiga Legenda

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.