Dark/Light Mode

Dorong Deklarasi Di Daerah

PPP Berharap Banget KIB Lanjut Di Ajang Pilkada

Minggu, 26 Juni 2022 07:45 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Bidang Pemenangan Dapil, Syarifah Amelia. (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Bidang Pemenangan Dapil, Syarifah Amelia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Bidang Pemenangan Dapil, Syarifah Amelia meyakini, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mulus hingga kontestasi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) mendatang. Syaratnya, para elite partai koalisi di daerah tidak ada gesekan dan melakukan penjajakan sejak dini, menghadapi pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Sejauh ini, koalisi yang dibangun PPP dengan Partai Golkar dan PAN hanya untuk menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Namun, kami tidak menutup ruang terjadinya koalisi ditingkat daerah, untuk menghadapi Pilkada. Yang penting, KIB di daerah tidak saling makan,” ujar Syarifah kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Bantu Edukasi Warga, PLN UIP Jawa Bagian Barat Bangun Taman Pintar Di Tangerang

Menurutnya, salah satu tolak ukur menjalarnya KIB ke tingkat daerah, dapat dilihat dari deklarasi dan komunikasi para elit partai di daerah. Jika para pengurus melakukan deklarasi, kemungkinan besar kebersamaan KIB berlanjut pada Pilkada 2024.

“Kalau mereka deklarasi, artinya tidak ada benturan figur atau tokoh yang akan diusung pada Pilkada nanti. Hal tersebut juga mengindikasikan kecerdasan para elit partai di daerah dalam menangkap semangat koalisi, yang telah dibangun di tingkat nasional,” jelas dia.

Baca juga : Marion Jola, Musik Alat Berbagi Kenangan Sama Pacar

Lebih lanjut, Syarifah mencontohkan, terjadinya deklarasi KIB di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Menurut dia, pihaknya tengah mencermati tindak lanjut dari deklarasi itu, hingga calon-calon kepala kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada mendatang.

“Kalau bicara Pilkada 2024, black box-nya adalah hasil Pemilu Legislatif (Pileg). Jadi, kita harus lihat hasil Pilegnya dulu. Setelah itu, bisa ketahuan siapa yang akan diusung sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Babel,” jelas dia.

Baca juga : Kementan Dorong Pembangunan Kampung Hortikultura Di Daerah Rawan Bencana Bukit Klangon

Karenanya, ia berharap, para elit partai di tingkat daerah juga saling membantu dan menjaga dalam kontestasi Pileg mendatang. Dengan begitu, komunikasi dan koalisi yang telah dibangun dapat membawa kemenangan bersama pada Pilkada mendatang.

“Saat ini, hubungan PPP dengan partai KIB, yakni Partai Golkar dan PAN terbangun sangat baik. Saya berharap, koalisi ini saling menjaga di legislatif, agar dapat meraih kemenangan maksimal pada Pilkada mendatang,” tamdasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.