Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bersiap Maju Di Pilkada Kabupaten Serang

A’a Andika Dinilai Nggak Bakalan Turun Kelas Kok

Jumat, 19 Agustus 2022 07:45 WIB
Mantan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy. (Foto: Instagram)
Mantan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah mantan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy maju sebagai bakal calon Bupati Serang pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024, tak menurunkan kelas Andika. Majunya figur dalam kontestasi Pilkada harus mempertimbangkan potensi menang dan risiko kalah.

Analisa itu disampaikan pengamat politik dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI), Rachmayanti Kusumaningtyas. “Jangan mengejar bayangan. Pilkada itu bukan arena untuk politisi halu. Berhalusinasi akan menang, padahal zaman sudah begitu modern, semua bisa diukur dengan ilmu pengetahuan dan metode yang teruji,” ujar Rachmayanti melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Wakil Bupati Mamberamo Tengah: Saya Lelah, Nggak Biasa Kena AC

Menurutnya, jika keikutsertaan Andika pada Pilkada Kabupaten Serang 2024 mempertimbangkan potensi kemenangan, hal tersebut merupakan pilihan rasional dan strategi yang jitu. Artinya, asumsi penurunan kelas bagi Andika yang sebelumnya menjadi Wakil Gubernur Banten, bukan hal yang tepat.

“Kan sudah banyak contohnya. Misalnya, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul. Bahkan, Gus Ipul pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal sejak Oktober 2004 hingga Mei 2007. Jadi, tidak turun grade,” jelasnya.

Baca juga : Airin Dipuji Mantan Anak Buah

Lebih lanjut, ia menguraikan, majunya seseorang di Pilkada tidak diukur dari tinggi atau rendahnya level posisi yang diperebutkan. Namun, dari kemampuan figur, penerimaan pemilih, kemudian popularitas dan elektabilitas.

“Dalam konteks majunya Andika Hazrumy di Pilkada Kabupaten Serang, yang harus dilihat pertama-tama adalah kemampuan dan penerimaan masyarakat. Kemudian peluang untuk menang,” tuturnya.

Baca juga : Sahrul Gunawan Kuda Hitam

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan, pihaknya menerima banyak aspirasi dari kader Golkar, terkait calon pada Pilkada mendatang. Di antaranya, urai dia, DPD Partai Golkar Provinsi Banten diminta mengusung Airin sebagai Cagub Banten, dan mantan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy sebagai calon Bupati Kabupaten Serang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.