Dark/Light Mode

Pilkada Kabupaten Bandung

Sahrul Gunawan Kuda Hitam

Selasa, 21 Juni 2022 07:45 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan. (Foto: Instagram)
Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Bandung Dadang Supriatna sebaiknya tetap berduet dengan Sahrul Gunawan pada Pilkada mendatang. Sebab, Sahrul bisa menjadi kuda hitam alias lawan yang merepotkan Dadang, bila keduanya pecah kongsi dalam kontestasi tersebut.

“Saat Pilkada 2020, Dadang dan Sahrul berangkat dari bekal elektabilitas yang sama. Bahkan, elektabilitas Sahrul lebih unggul, 20 persen. Sementara elektabilitas Dadang hanya 13 persen. Itu data survei satu tahun sebelum Pilkada 2020,” ujar peneliti Lingkar Survei Indonesia (LSI) M Khotib dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Jangkauan Pasar Petani Bantaeng Semakin Luas Berkat Jalan Usaha Tani

Saat Pilkada 2020, lanjut dia, Dadang cukup cerdas membaca situasi. Karenanya, dia memilih Sahrul sebagai wakil, dan pasangan itu berhasil memenangkan kontestasi. Menumbangkan pasangan Kurnia Agustin-Usman Sayogi.

“Berkaca dari situasi tersebut, idealnya Dadang dan Sahrul kembali berpasangan pada Pilkada 2024. Jika tidak, Dadang bakal kerepotan. Terlebih, bila Sharul memutuskan menjadi rival Dadang,” tegas dia.

Baca juga : Gibran Muridnya Prabowo

Khotib meramal, jika Dadang lengah dalam mengantisipasi situasi tersebut, Sahrul berpotensi menyalipnya pada Pilkada 2024.

Sebab, sambung dia, berdasar sejumlah data riset, mayoritas pemilih memiliki kategori irasional, atau memilih bukan karena pertimbangan rasional. Tapi karena emosional, seperti menyukai figur calon kepala daerah.

Baca juga : Top, Manusia Menang Maraton Lawan Kuda

“Dalam konteks ini, Dadang jangan terlalu percaya diri. Apalagi, sampai hanyut dengan masukan tim yang mungkin sekadar menyenangkan. Di samping dirinya, sudah ada kandidat kuat (Sahrul Gunawan) yang bisa menyalipnya jika lengah,” ujar Khotib, mengingatkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.