Dewan Pers

Dark/Light Mode

Masuk Radar Golkar Untuk Pilbup Probolinggo

Nama Gus Haris Wangi

Sabtu, 17 September 2022 07:45 WIB
Muhammad Haris Damanhuri Romli (kiri) bersalaman dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Muhammad Haris Damanhuri Romli (kiri) bersalaman dengan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Muhammad Haris Damanhuri Romli atau yang akrab disapa Gus Haris, kian wangi. Setelah “dipinang” Partai Gerindra untuk maju di Pilkada Probolinggo, Partai Golkar juga tengah memantau Gus Haris untuk dijagokan di kompetisi serupa.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa timur Sarmuji mengatakan, saat ini Golkar tengah memantau tingkat keterpilihan (elektabilitas) Gus Haris. Bila trennya bagus, tidak menutup kemungkinan beringin akan mengsungnya di Pilkada Probolinggo.

Sarmuji mengatakan, kerja pemantauan terhadap elektabilitas Gus Haris didasarkan suara dan aspirasi dari bawah.

Berita Terkait : Mahfud: Bjorka Cuma Mau Ngingetin, Bahwa Kita Harus Hati-hati

Apalagi, Gus Haris termasuk salah satu yang potensial diusung sebagai bakal calon bupati (Bacabup) Probolinggo.

“Aspirasinya yang santer beredar memang Gus Haris. Makanya, kami pantau dulu elektabilitas Gus Haris,” ujarnya, kemarin.

Diakui Sarmuji, ada partai lain yang lebih dahulu melirik Gus Haris untuk diterjunkan di Pilkada 2024. Salah satunya Partai Gerindra. Meski begitu, Golkar siap bersama partai lain memberangkatkan Gus Haris bila elektabilitasnya tinggi.

Berita Terkait : IKA FH Usakti Gelar Rapat Umum Anggota Untuk Pilih Nahkoda Baru

Ketua DPD II Partai Golkar Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma meminta para kader terus bergerak semaksimal mungkin menjalankan program-program kepartaian. Hal ini penting untuk mengejar target partai.

Oka mengungkapkan, di Pemilu 2024 pihaknya menargetkan 10 kursi. Target ini dirasa wajar karena setelah pemilu akan ada gelaran Pilkada.

Menanggapi hal ini, Gus Haris yang juga Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Zainul Hasan Genggong Pajarakan itu, mengaku masih akan melihat dinamika.

Berita Terkait : Pemprov Sulbar Gulirkan Program Data Desa Presisi

Sebab, sejauh ini belum ada partai yang resmi mengeluarkan rekomendasi dari DPP akan mengusungnya sebagai bacabup Probolinggo. “Kami masih melihat dan itu semua masih berproses,” ucap Gus Haris.

Terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Probolinggo Ahmad Zubaidi menyampaikan, dengan turunnya surat tugas tersebut, menurut Zubaidi, pihaknya akan memaksimalkan mesin partai untuk mendongkrak elektabilitas partai. Sehingga perolehan kursi di parlemen pada Pileg 2024 sesuai target.

Selain itu, pihaknya juga akan mensosialisasikan Gus Haris sebagai bacabup Probolinggo 2024 kepada warga kabupaten. Diharapkan elektabilitasnya se makin naik. ■