Dark/Light Mode

Elektabilitasnya Di Bawah Ahok

Gibran Ogah Mikir Hasil Survei Pilkada DKI 2024

Jumat, 14 Oktober 2022 07:45 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut berpotensi maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dan Jawa Tengah pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo

(Jokowi) ini, hanya ingin menjalankan tugas sebagai Wali Kota Solo dengan baik, meski namanya kerap bertengger di sejumlah hasil survei Pilkada.

 “Aku kan tetep neng kene (aku kan tetap di sini). Santai saja,” ucap Gibran saat ditanya soal hasil survei Political Statistics (Polstat) di Solo, Jawa Tengah (Jateng), kemarin.

Baca juga : Elektabilitasnya Naik Terus, Puan Berpeluang Besar Jadi Capres

Diketahui, elektabilitas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berada di bawah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, berdasarkan hasil survei Polstat. Dalam survei bursa Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta itu, Gibran mendapat 10,5 persen, di bawah Ahok yang mendapatkan 19,1 persen.

Survei Polstat tenang elekta­bilitas Cagub DKI Jakarta itu melibatkan 830 responden, dilaksanakan di lima kotamadya dan satu kabupaten di DKI Jakarta, pada 1-10 Oktober 2022. Sementara, Gubernur DKI Jakarta petahana, Anies Baswedan ma­sih memuncaki hasil survei dengan raihan 40,5 persen.

Melanjutkan keterangannya, Gibran menanggapi santai soal posisi elektabilitasnya yang be­rada di bawah mantan Gubernur DKI Jakarta, Ahok. Bahkan, ia mengaku belum membaca berita tentang hasil survei tersebut.

Baca juga : Airlangga Hartarto Disebut Buruh Layak Pimpin Indonesia Di 2024

“Aku ndurung moco (aku belum baca). Kalau namanya survei jenenge sopo wae isoh metu toh (kalau namanya survei namanya siapa saja bisa ke­luar),” cetusnya.

Ditanya, apakah dirinya akan kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo di Pilkada 2024 nanti, ia pun enggan berkomentar panjang. Suami Selvi Ananda ini pun mengembalikan hal tersebut kepada masyarakat Kota Solo.

“Tidak tahu. Ya, tergantung war­ga nuh. Kalau warga Solo masih menginginkan ya (maju),” tuturnya.

Baca juga : Gibran: Saya Tak Mikir Survei

Gibran juga menanggapi san­tai saat ditanya tentang unggahan akun Twitter @yusuf_dum­dum yang menyebutnya mem­beli ijazah di luar negeri. “Nanti saya unggah foto wisuda saja ya. Nanti diteliti, diedit apa tidak ijazahnya,” tegasnya.

Menurut dia, pihak yang mempermasalahkan dan menyebut ijazahnya palsu adalah orang yang kurang pekerjaan. Bahkan, ia mematikan, dirinya membu­tuhkan perjuangan keras agar dia bisa memperoleh ijazah tersebut. “Aneh-aneh semua. Sekolah susah-susah, kadang-kadang bekalnya kurang,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.