Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mulai Seleksi Kader

Golkar Jatim Siap Tempur

Kamis, 2 Februari 2023 07:35 WIB
Ketua DPD I Partai Golkar Provinai Jatim, M Sarmuji. (Foto: Istimewa)
Ketua DPD I Partai Golkar Provinai Jatim, M Sarmuji. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Jawa Timur (Jatim) mulai memetakan kader-kader potensial, yang akan diterjukan pada gelaran Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti.

Fungsionaris Partai Beringin di Jatim memastikan, pihaknya lebih siap menghadapi kontestasi demokrasi tahun de­pan, dibanding 2020 lalu.

Ketua DPD I Partai Golkar Provinai Jatim, M Sarmuji mengungkapkan, pihaknya sudah memiliki sejumlah gambaran untuk menyongsong Pilkada 2024 nanti. Ia memastikan, fungsionaris dan kader Partai Golkar di Jatim lebih siap dala menghadapi Pilkada mendatang, dibanding kontestasi demokrasi sebelumnya.

“Menurut saya, dari sisi hi­tung-hitungan, kader Golkar jauh lebih banyak yang siap untuk running. Itu benar-benar kader Partai Golkar asli,” kata Sarmuji di Surabaya, Jatim, kemarin.

Baca juga : Mulai Saling Buka Kartu

Diketahui, pada gelaran Pilkada Tahun 2020 lalu, sebanyak 19 daerah di Provinsi Jatim, turut meramaikan kotestasi. Partai Beringin mencatatkan hasil positif dengan berhasil menang di sembilan daerah. Mereka juga berhasil mengantarkan sejumlah kader Partai Golkar, untuk mengisi jabatan kepala daerah.

Melanjutkan keterangan­nya, Sarmuji menguraikan sejumlah kader Partai Golkar yang siap mengikuti kontestasi demokrasi mendatang. Untuk incumbent, ungkap dia, ada nama Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzki.

Politisi muda yang akrab disapa Lindra itu, juga merupa­kan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tuban. “Insya Allah akan tetap siap menjadi calon Bupati, dan mudah-mudahan terpilih lagi,” ucap dia.

Selain itu, sambung dia, ada sejumlah nama kader potensial maju. Di antaranya, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo atau akrab disapa Mas Adi. Kemudian, ada juga Wakil Wali Kota Malang, Sofwan Edy Jarwoko, yang juga Ketua DPDPartai Golkar Kota Malang.

Baca juga : Panasin Mesin, PKS Bersiap Hadapi Pilkada Ibu Kota

Ia menambahkan, Partai Golkar juga memiliki Wakil Bupati Pacitan Gagarin yang juga men­jabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar setempat. Di samping sejumlah nama itu, lanjutnya, ada nama Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto.

“Nama-nama itu sudah siap naik satu strip menjadi kepala daerah. Dari sisi elektabilitas, penerimaan mereka di masyarakatnya juga sangat besar,” ucap Sarmuji.

Karenanya, Wakil Ketua Komisi VI DPR itu menegaskan, pihaknya sudah sangat siap untuk menghadapi Pilkada 2024 nanti. “Targetnya sudah ditetapkan, yakni secara kuantitatif dapat menang di angka 60 persen ke atas,” imbuhnya.

Selain dari sisi jumlah, sambungdia, Partai Golkar juga menargetkan dapat menang dari sisi kualitatif. Yakni, dapat mengusung kader sendiri maju Pilkada mendatang.

Baca juga : Jadwal SIM Keliling Bekasi 27 Januari Hadir Di Mitra 10 Jatimakmur

“Bukan sekedar orang yang kita usung dalam koalisi yang asal muasalnya barangkali dari partai lain, atau dari profe­sional dan sebagainya. Mudah-mudahan, baik kuantitatif mau­pun kualitatif kita bisa naik di 2024,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.