Dark/Light Mode

Seleksi Kader Luar & Dalam

Panasin Mesin, PKS Bersiap Hadapi Pilkada Ibu Kota

Selasa, 31 Januari 2023 06:43 WIB
Seleksi Kader Luar & Dalam Panasin Mesin, PKS Bersiap Hadapi Pilkada Ibu Kota

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi DKI Jakarta mulai memanaskan mesin, menghadapi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 nanti. Partai Bulan Sabit Kembar ini tengah menyeleksi sejumlah kader internal dan eksternal.
 
Wakil Ketua Bidang Pembinaan Wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat (Banjabar) PKS, Karyatin Subiyantoro mengungkapkan, pihaknya tengah menyeleksi sejumlah nama dari kalangan internal dan eksternal untuk bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Menurut dia, salah satu mekanisme yang digunakan PKS untuk menyeleksi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. 

“Kami sudah menjaring tokoh internal dan eksternal. Bahkan, DKI sedang melakukan survei, dan ditargetkan selesai pertengahan Februari nanti. Survei itu untuk memetakan proses-proses dan bakal calon untuk maju di Pilgub 2024,” kata Karyatin di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, kemarin. 

Dari jajaran internal PKS, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan sejumlah nama untuk maju di Pilkada DKI 2024. Di antaranya, urai dia, ada nama Anggota DPR Mardana Ali Sera; Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi DKI Jakarymta Khoirudin, dan Anggota Komisi III DPR Achmad Dimyati Natakusumah. 

Baca juga : MK Hadapi Ujian Berat

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga menyiapkan sejumlah kader dari daerah untuk mengikuti kontestasi tersebut. Salah satunya, mantan Wali Kota Payakumbuh, Reza Pahlevi. 

Namun, Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta itu belum mau mengungkap nama-nama bakal calon yang mau diusung dari kalangan eksternal. 

“Dari eksternal juga banyak, tapi saya nggak sebut karena takut geer. Lihat saja nanti. Kami akan memunculkan di hasil survei, karena dari hasil survei akan muncul peta eksternal yang diinginkan masyarakat,” jelas dia. 

Lebih lanjut, Karyatin juga belum bisa memastikan apakah nama-nama tersebut nantinya akan diusung sebagai Calon Gubernur (Cagub) atau Calon Wakil Gubernur (Cawagub) di Pilkada DKI Jakarta 2024 nanti. 

Baca juga : Refleksi Akhir Tahun 2022, BPIP: Pancasila Membumi Bersama Media

“Didorong untuk muncul yang memang layak. Sebab, kami menyadari tidak cukup hanya didukung oleh internal. Perlu didorong dengan dukungan masyarakat lain,” tandasnya. 

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera. “PKS menyiapkan kader untuk maju di Pilkada DKI,” kata Mardani, kepada media. 

Namun, untuk menentukan calon yang tepat, ujarnya, PKS akan melihat hasil pemilihan legislatif dan pemilihan presiden (Pilpres) yang digelar lebih dulu. PKS, ucap Mardani, saat ini berfokus pada pemenangan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2024.

 “Karena untuk maju Pilkada 2024 berdasarkan hasil Pileg 2024,” ucap dia. 

Baca juga : Rekat Indonesia Puji Keberanian Menteri Hadi Sikat Mafia Tanah

PKS, lanjut Mardani, juga sedang membangun komunikasi dengan partai lain untuk menentukan pasangan saat maju dalam kontestasi politik Jakarta. 
    
“Majelis Syuro akan menetapkan siapa yang akan diajukan ke DKI 1. Bab nama (calon yang diusung), pimpinan akan mengumumkan,” tutur Mardani.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.