Dark/Light Mode

Bicara Prestasi Dan Elektabilitas

PDIP Buka Peluang Usung Heru Di Pilkada DKI 2024

Rabu, 15 Februari 2023 07:35 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto: Setkab)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto: Setkab)

 Sebelumnya 
“Kami tidak genit untuk me­nyeret-nyeret Pak Heru dalam percaturan Pilkada Tahun 2024 besok. Tapi, di ujungnya nanti kita tidak tahu, kan ke depan kita tidak ada yang tahu,” jelas Ketua Fraksi PDI Perjuangan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Gembong mengungkapkan, pihaknya mulai meyeleksi sejumlah kader Partai Banteng, yang dinilai layak un­tuk mengisi posisi orang nomor 1 di Jakarta. Nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka masuk dalam radar tersebut.

Baca juga : Erick Potensial Diusung Jadi Cawapres Dari KIB

“Kami sudah mendisuku­sikan sejumlah nama kepala daerah yang dianggap berhasil dalam memimpin dan memban­gun daerahnya. Salah satunya, Mas Gibran (Wali Kota Solo),” ujarnya di Gedung DPRD DKI, Senin (6/1).

Selain Gibran, sambung dia, sejumlah nama lain juga dibahas oleh fungsionaris PDI Perjuangan DKI Jakarta. Di antaranya, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Priadi, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (MenPANRB), Azwar Anas.

Baca juga : Pemilu Tetap Digelar 2024

“Saat ini, kami diakusikan dulu nama-nama itu. Diskusi kami diawali dari inventarisasi nama-nama kepala daerah dari PDI Perjuangan, yang kami anggap berhasil memimpin daerahnya,” jelas dia.

Lebih lanjut, Gembong mengatakan, nama-nama yang dibahas atau masuk dalam radar PDI Perjuangan DKI Jakarta masih sebatas kader internal. Saat ini, lanjut dia, pihaknya belum membahas tokoh eksternal atau luar partai, yang akan diusung sebagai bakal calon digelaran Pilkada mendatang.

Baca juga : Mardiono Arahkan Fraksi PPP Di DPR RI Gaspol Kerja Elektoral Jelang Pemilu 2024

“Tugas partai kan menc­etak kader, mencetak calon pemimpin, yang dapat mense­jahterakan masyarakat. Artinya, kami memiliki kewajiban untuk menghadirkan pemimpin yang berasal dari hasil rekrutmen yang dilakukan oleh partai. Kemudian, kader tersebut kami munculkan sebagai pemimpin,” tutur dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.