Dark/Light Mode

Soal Pilkada Depok 2024

PDIP Siap Ngobrol Dengan Mas Kaesang

Selasa, 16 Mei 2023 07:45 WIB
Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Ikravany Hilman. (Foto: Ist).
Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Ikravany Hilman. (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Depok siap menjalin komunikasi secara intens dengan Kaesang Pangarep, bila masyarakat Kota Depok menginginkannya maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pasalnya, tanpa dukungan rakyat, usaha partai memenangkan Kaesang bisa jadi sia-sia.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Ikravany Hilman mengatakan, suara rakyat menjadi sandaran utama bagi PDI Perjuangan dalam mengambil keputusan, tidak terkecuali dia­jang Pilkada 2024. Menurut dia, kepedulian partainya terhadap suara rakyat sudah dicontohkan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, ketika Pemilu 2014.

Saat itu, lanjut dia, Megawati memutuskan tidak mencalonkan diri sebagai presiden karena suara rakyat menginginkan kader PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi). “Hal tersebut juga terjadi di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Peristiwa-peristiwa itu membukti­kan, suara rakyat adalah sandaran kami (dalam mengambil kepu­tusan),” ujar Ikravany kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Besok di Bogor, Siang Panas Sore Hujan

Pria yang biasa dipanggil Ikra ini mengatakan, kepedulian partainya terhadap suara rakyat juga berlaku di Pilkada Kota Depok. Karenanya, bila masyarakat menginginkan Kaesang men­calonkan diri sebagai Wali Kota Depok, pihaknya siap menjalin komunikasi intensif dengan putra ketiga Presiden Jokowi itu.

“Jadi, pertanyaannya saat ini, sejauh mana masyarakat Kota Depok menginginkan Kaesang (maju Pilkada). Kemudian, kami juga harus tangkap, apa Kaesang akan menjadi solsui atas segala permasalahan yang terjadi di Kota Depok,” urainya.

Soal keanggotaan Kaesang, Ikra mengaku tidak tahu me­nahu, apakah dia sudah menjadi kader dan memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) PDI Perjuangan. Namun, dia meyakini, ideologi pemilik usaha kuliner Sang Pi­sang tersebut sama dan senafas dengan PDI Perjuangan.

Baca juga : Mulai Juni 2023, TASPEN Siap Salurkan Gaji Ke-13

“Apakah Mas Kaesang su­dah kader ? Silahkan Tanya ke beliau. Tapi saya yakin darah beliau itu ‘merah’!, Apalagi be­liau juga dari keluarga besar PDI Perjuangan, mulai dari ayahnya hingga kakaknya,” tegasnya.

Sambung Ikra, PDI Kota De­pok siap mengukur keinginan masyarakat Kota Depok terhadap sosok Kaesang di Pilkada 2024. Namun, dia tidak merinci kapankan survei tersebut akan di­lakukan. “Sekarang, kami masih fokus di Pemilu Legialatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) dulu,” tandasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS, M Iqbal mengaku partainya tidak merasa terancam jika Kaesang benar-benar menjadi bakal calon wali kota. Dia menyebut, setiap orang mempunyai hak untuk maju di Pilkada Kota Depik.

Baca juga : Ganjar1st Siap Berkolaborasi Dengan Relawan Lain

“Maju sebagai kepala daerah adalah hak setiap warga negara, asal memenuhi syarat dan ada partai yang mendukung. PKS juga menyiapkan kader sendiri untuk diusung di Pilkada Depok 2024. Salah satunya, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.